Senin, 11 Maret 2019 16:17 WITA

5 Bahan Alami yang Ampuh Mengobati Diare

Editor: Suriawati
5 Bahan Alami yang Ampuh Mengobati Diare
INT

RAKYATKU.COM - Diare adalah masalah pencernaan yang menyebabkan buang air besar jadi encer.

Diare adalah kondisi pencernaan terbesar kedua yang membunuh sekitar 1,2 juta anak di seluruh dunia setiap tahun. 

Gejalanya adalah kram perut, sakit perut, kembung, demam, penurunan berat badan dan merasa haus. Penyakit ini bisa membuat Anda tidak nyaman selama beberapa jam atau beberapa hari.

Berikut beberapa pengobatan rumahan untuk mengobati diare:

1. Cuka Apel
Cuka apel memiliki sifat anti mikroba yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan bakteri E coli. Bakteri ini bertanggung jawab atas keracunan makanan, sehingga menyebabkan diare.

Cara menggunakannya adalah, campurkan segelas air hangat dengan dua sendok teh cuka apel. Tambahkan satu sendok teh madu agar rasanya lebih nikmat. Minumlah dua kali sehari.

2. Jahe
Jahe adalah obat rumah alami untuk mengobati diare. Ini kaya akan phytochemical yang mengurangi keinginan untuk buang air dan meredakan kram perut.

Jahe bekerja dengan mengubah kejang otot di saluran pencernaan bagian bawah, melawan infeksi di usus, dan mengobati refluks asam.

Loading...

Caranya, campurkan dua sendok teh bubuk jahe segar dengan satu sendok teh madu, lalu konsumsi. Anda juga bisa minum air jahe dengan menambahkan dua sendok teh jahe ke dalam segelas air.

3. Air kelapa
Diare membuat tubuh Anda dehidrasi yang berarti Anda mungkin kehilangan elektrolit. Air kelapa mengandung elektrolit seperti kalium dan natrium yang menggantikan elektrolit yang hilang di dalam tubuh. Minumlah segelas air kelapa dua kali sehari.

4. Perasan lemon
Jika diare disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, parasit atau jamur, minum jus lemon dalam jumlah sedang yang dicampur dengan air akan memberikan efek penyembuhan.

Jus lemon mengandung sifat anti mikroba dan vitamin C yang akan merangsang dan meningkatkan respon kekebalan tubuh Anda.

Peras lemon dan tambahkan dengan segelas air. Tambahkan sejumput garam dan minum tiga kali sehari.

5. Kunyit
Kunyit mengandung sifat anti mikroba, anti-inflamasi, antibiotik dan anti bakteri yang akan membantu menyembuhkan diare ringan.

Loading...
Loading...