Sabtu, 09 Maret 2019 13:34 WITA

Pisang Ada yang Warnanya Merah Loh, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan!

Editor: Suriawati
Pisang Ada yang Warnanya Merah Loh, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan!
INT

RAKYATKU.COM - Ada lebih dari 1.000 varietas pisang di seluruh dunia, salah satunya adalah pisang merah. Ini merupakan subkelompok pisang dari Asia Tenggara, dengan ciri-ciri kulit merah.

Mereka lembut dan memiliki rasa manis saat matang. Beberapa orang mengatakan rasanya seperti pisang biasa - tapi memiliki sedikit rasa raspberry.

Pisang merah memberikan banyak nutrisi penting dan dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan pencernaan Anda. Dilansir dari Healthline, berikut 5 manfaat pisang merah:

1. Mengandung banyak nutrisi penting
Seperti pisang kuning, pisang merah memberikan nutrisi penting. Mereka sangat kaya akan kalium, vitamin C, dan vitamin B6 dan mengandung serat dalam jumlah yang cukup.

2. Menurunkan tekanan darah
Kalium adalah mineral penting untuk kesehatan jantung karena perannya dalam mengatur tekanan darah.

Pisang merah kaya akan kalium. Penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan kaya kalium dapat membantu mengurangi tekanan darah.

3. Bagus untuk kesehatan mata
Pisang merah mengandung lutein dan beta karoten, yang mendukung kesehatan mata.

Lutein dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang tidak dapat disembuhkan dan penyebab utama kebutaan.

Loading...

Sementara beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Itu adalah salah satu vitamin paling penting untuk kesehatan mata.

4. Baik untuk kekebalan tubuh
Pisang merah kaya akan vitamin C dan B6. Nutrisi ini sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Vitamin C meningkatkan kekebalan dengan memperkuat sel-sel sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin B6 dalam pisang merah juga memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.

Faktanya, kekurangan vitamin B6 dapat mengurangi produksi sel darah putih dan antibodi kekebalan tubuh (keduanya berfungsi melawan infeksi).

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Pisang merah mendukung sistem pencernaan Anda dalam banyak hal. Ini mengandung prebiotik dan serat yang memberi makan bakteri usus.

Prebiotik dan serat dalam pisang dapat mengurangi kembung, meningkatkan keragaman bakteri usus yang ramah, dan mengurangi sembelit.

Loading...
Loading...