Sabtu, 09 Maret 2019 01:00 WITA

5 Penyebab Kematian Paling Umum pada Perempuan

Editor: Nur Hidayat Said
5 Penyebab Kematian Paling Umum pada Perempuan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Penyakit tak pandang bulu dalam mengincar korbannya. Namun, terdapat beberapa penyakit yang menjadi penyebab kematian paling umum pada perempuan. Apa saja? Berikut lima di antaranya:

1. Penyakit jantung
Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Supaya dapat bekerja dengan baik, sel jantung membutuhkan “makanan” dan oksigen dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan tersebut dipenuhi oleh pembuluh darah koroner yang mengalirkan darah ke setiap bagian jantung.

Sayangnya, pembuluh darah koroner yang bertugas memberikan makanan dan oksigen pada jantung sering mengalami sumbatan akibat gaya hidup dan pola makan yang buruk. Alhasil, aliran darah pada otot jantung mengalami gangguan hingga akhirnya rusak dan gagal memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Kanker
Kanker merupakan penyakit yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh. Secara normal, sel tubuh manusia akan berkembang dengan cara yang tetap. Akan tetapi, akibat hal-hal yang hingga saat ini masih menjadi misteri, sel tubuh bisa bertumbuh secara tidak terkontrol hingga akhirnya membentuk sel kanker.

Jenis kanker yang paling sering menyerang perempuan adalah kanker payudara, kanker endometrium, kanker usus besar, kanker paru, dan kanker serviks.

3. Penyakit paru obstruktif kronik
Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) terjadi apabila fungsi pertukaran udara di dalam paru terganggu. Keadaan ini bisa disebabkan akibat adanya peradangan pada saluran napas.

Penyakit paru obstruktif kronik merupakan kondisi yang sifatnya menahun. Beberapa tandanya adalah sesak napas, batuk berdahak dan mengi yang hilang timbul. Salah satu faktor risiko terbesar dari PPOK adalah kebiasaan merokok.

Loading...

4. Stroke
Stroke adalah kematian jaringan otak, yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Stroke bisa berupa sumbatan (iskemik) maupun perdarahan (hemoragik).

Layaknya jaringan lain, otak memerlukan pasokan darah yang memadai agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, jika pembuluh darah ke otak mengalami gangguan, maka sel-sel otak akan kekurangan pasokan “bahan bakar” sehingga mengalami gangguan fungsi hingga akhirnya mati.

5. Alzheimer
Penyebab kematian pada perempuan yang juga perlu diperhatikan adalah penyakit Alzheimer. Ini adalah penyakit otak yang progresif, dimana terdapat endapan protein abnormal yang terbentuk di otak dan menyebabkan sel otak tidak berfungsi atau mati. Akibatnya, kemampuan otak menurun drastis.

Pada keadaan yang berat, Alzheimer bisa menyebabkan gangguan motorik, seperti masalah menelan. Hal seperti ini menyebabkan peningkatan risiko tersedak dan terjadinya infeksi paru. Selain itu, gangguan motorik juga menyebabkan penderita alzheimer kesulitan untuk bergerak dan cenderung dalam posisi tiduran. Keadaan ini meningkatkan risiko terjadinya komplikasi yang lebih berbahaya lagi.

Sumber: KlikDokter.com

Loading...
Loading...