Jumat, 08 Maret 2019 13:54 WITA

Awas, 5 Jenis Minuman Ini Picu Asam Urat Tinggi Kambuh

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Awas, 5 Jenis Minuman Ini Picu Asam Urat Tinggi Kambuh
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Penyakit asam urat bisa sangat menyebalkan karena bisa mengganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup.

Penderitanya bahkan harus mengontrol segala jenis asupan yang dikonsumsi, termasuk minuman. Beberapa jenis minuman memang ternyata mengandung purin yang bisa dapat membuat penyakit asam urat kambuh.

Purin merupakan zat yang bertanggung jawab terkait kadar asam urat di dalam tubuh manusia. Pada umumnya zat purin ditemukan pada makanan yang mengandung protein tinggi, seperti kedelai. Selain itu, ada sebagian minuman yang ternyata mengandung zat ini, dan bisa jadi sudah tak asing lagi bagi Anda.

Beberapa minuman yang memiliki kandungan purin tinggi dan wajib dihindari oleh penderita asam urat maupun orang yang tak ingin mengalami penyakit tersebut, di antaranya:

1. Bir

Alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Salah satu mekanismenya adalah dengan menstimulasi hati untuk memproduksi asam urat.

"Di dalam tubuh, alkohol akan diubah menjadi asam laktat yang dapat mengganggu pembuangan asam urat oleh ginjal. Dari berbagai macam jenis minuman beralkohol, bir adalah yang paling banyak mengandung purin akibat dari proses fermentasinya," ujar dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter.

2. Minuman ringan dengan pemanis buatan

Beberapa penelitian telah menemukan peningkatan risiko asam urat dari minuman yang dimaniskan dengan gula. Satu studi besar mengungkap bahwa hanya satu minuman ringan manis per hari sudah mampu menggandakan risiko seorang wanita untuk menderita penyakit asam urat.

3. Jus jeruk kaleng

Loading...

Bagaimana mungkin jus jeruk kalengan yang menyegarkan dan mengandung banyak vitamin C malah membuat asam urat kambuh? Menjawab ini, seorang peneliti berkata bahwa jus jeruk kaleng mengandung kadar fruktosa tinggi, dimana hal ini berhubungan erat dengan kekambuhan gejala penyakit asam urat.

Fruktosa itu sendiri adalah pemanis buatan yang umumnya ditambahkan ke dalam minuman kemasan kaleng.

4. Kopi

Terdapat studi yang menyebut bahwa kafein mampu melindungi Anda dari asam urat, karena memiliki struktur kimia yang mirip dengan obat asam urat.

Di sisi lain, ada pula penelitian yang mengatakan bahwa terlalu banyak konsumsi kafein malah bisa membuat gejala asam urat kumat.

Penelitian tersebut menemukan, jika Anda menggandakan asupan kafein dalam sehari, maka risiko terjadinya gejala asam urat akan meningkat hingga 80%.

5. Minuman berenergi

Sebagian besar minuman berenergi memiliki kandungan kafein dan fruktosa di dalamnya. Oleh karena itu, minuman jenis ini mampu meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

"Tidak ada penelitian yang mengevaluasi dampak minuman energi terhadap asam urat. Akan tetapi, karena sebagian besar minuman tersebut dimaniskan dengan fruktosa, dapat ditarik kesimpulan bahwa minuman berenergi memiliki kemungkinan untuk meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat," kata seorang rheumatologist di Temple University Hospital di Philadelphia, Jennifer Sloane, MD.

Loading...
Loading...