Jumat, 08 Maret 2019 08:36 WITA

Tak Pernah Disangka, Ini 7 Manfaat Tidur Miring ke Kiri

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tak Pernah Disangka, Ini 7 Manfaat Tidur Miring ke Kiri
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Cukup banyak orang yang memperdebatkan posisi tidur terbaik bagi kesehatan. Bahkan, ada yang mengikuti ajaran agama demi mendapatkan manfaat terbaik dari waktu istirahat malam. 

Hanya saja, menurut pakar kesehatan, posisi tidur miring ke kiri dianggap bisa memberikan cukup banyak manfaat kesehatan. Apa saja manfaat tersebut?

Posisi tidur disebut berpengaruh besar bagi nyenyak tidaknya waktu istirahat malam kita. Karena alasan inilah kita sebaiknya melakukannya dengan posisi terbaik. Dilansir Doktersehat, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari tidur miring ke kiri.

1. Meningkatkan kualitas pencernaan

Dengan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, maka sistem pencernaan akan bisa menjadi lebih sehat dan berfungsi dengan maksimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu pencernaan menjadi lebih sehat adalah tidur dengan posisi miring ke kiri. Hal ini akan memungkinkan kinerja usus untuk mengalirkan makanan yang dikonsumsi saat makan malam dengan lebih baik. Posisi ini juga akan mendukung pankreas berfungsi dengan lebih maksimal.

2. Baik bagi kesehatan jantung

Jantung adalah salah satu organ yang terus berfungsi meskipun kita sedang beristirahat malam. Karena alasan inilah kita sebaiknya menjaga kesehatan organ ini, termasuk dengan cara mendapatkan waktu tidur berkualitas.

Salah satu caranya adalah dengan tidur dengan posisi miring ke kecil. Gaya gravitasi bumi akan mendukung posisi jantung dalam mengalirkan darah dengan lebih efisien. Hal ini tentu akan mampu meringankan kinerja jantung dengan efektif.

3. Mengatasi sakit punggung

Jika posisi tidur tidak nyaman, maka bagian punggung atau leher tentu akan terasa tidak nyaman. Bagi mereka yang sudah mengalami riwayat sakit punggung sebelumnya, posisi tidur yang tidak tepat tentu akan membuat sakit punggung menjadi semakin parah.

Dengan tidur miring ke kiri, maka tekanan pada tulang punggung bisa diturunkan sekaligus membuat kinerja otot yang mendukung fungsi tulang punggung menjadi lebih ringan. Posisi ini juga akan membuat sirkulasi darah meningkat sehingga risiko peradangan otot bisa ditekan.

4. Baik bagi sistem kelenjar getah bening

Loading...

Sistem limfatik atau sistem kelenjar getah bening berperan besar bagi sistem kekebalan tubuh. Sistem ini juga mempengaruhi proses pembuangan berbagai macam limbah, zat sisa metabolisme, dan racun di dalam tubuh. Jika sampai sistem ini mengalami penyumbatan, maka berbagai zat sisa ini akan tetap ada di dalam tubuh dan dikhawatirkan akan menyebabkan datangnya masalah kesehatan.

Tidur dengan posisi miring ke kiri akan mendukung kinerja sistem limfatik dalam memproses zat sisa dan racun-racun tersebut. Gaya gravitasi juga akan membuat berbagai zat tersebut mampu dibuang dari tubuh dengan lebih efektif.

5. Mencegah masalah mendengkur

Tidur dengan posisi miring ke kiri juga bisa mencegah masalah mendengkur, sesuatu yang cenderung lebih memungkinkan terjadi jika kita tidur telentang. Posisi ini akan membantu mulut, lidah, dan tenggorokan menjadi lebih rileks sehingga membuat pernapasan menjadi lebih lancar.

Pakar kesehatan menyarankan pengidap masalah mendengkur untuk menempatkan bantal di punggung agar bisa tetap tidur miring dengan nyaman dan tidak mudah kembali ke posisi telentang.

6. Menurunkan sensasi mulas

Jika kita sedang mengalami sensasi mulas atau perut yang tidak nyaman, kita bisa memposisikan tubuh miring ke kiri saat tidur. Tidur dengan posisi ke kanan justru akan membuat gejala mulas lebih parah dan tidur tengkurap justru akan membuat masalah asam lambung lebih memungkinkan terjadi.

7. Baik bagi ibu hamil

Tidur miring ke kiri bisa membuat sirkulasi darah semakin membaik sekaligus menurunkan tekanan pada tulang belakang ibu. Hal ini akan membuat tubuh ibu semakin nyaman sekaligus mendukung perkembangan bayi di dalam kandungan dengan maksimal.

 

Loading...
Loading...