Kamis, 07 Maret 2019 18:31 WITA

Penyebab Perut Tiba-tiba Lapar Saat Hujan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Penyebab Perut Tiba-tiba Lapar Saat Hujan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Meski kita sudah makan atau ngemil sebelumnya, terkadang kita tetap merasa ingin makan sesuatu saat hujan turun. 

Biasanya, makanan-makanan yang ingin dikonsumsi adalah yang masih hangat seperti mie hangat, gorengan, dan lain-lain. Sebenarnya, apa sih penyebab utama dari keinginan untuk makan saat hujan?

Penyebab meningkatnya nafsu makan saat hujan turun

Pakar kesehatan Barrie Wolf-Radbille yang berasal dari New York University menyebut hal ini wajar terjadi pada setiap orang saat hujan turun.

“Saat hujan, suhu udara normalnya akan turun. Hal ini akan membuat tubuh mengalami peningkatan keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar kalori dan karbohidrat yang tinggi. Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini, tubuh akan terasa lebih hangat dan nyaman,” kata Barrie.

Menurut Barrie, suhu udara yang dingin akan merangsang tubuh untuk berada dalam mode tertentu. Hal ini akan membuat otak mengirim sinyal ke dalam tubuh untuk menghangatkan diri. 

Selain ingin memakai pakaian hangat atau mengatur suhu ruangan agar lebih hangat, tubuh juga cenderung ingin mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, gula, atau pati. Kandungan-kandungan ini ternyata bisa membuat tubuh memproduksi panas secara instan dan cepat.

Loading...

“Saat suhu ruangan menurun, suhu udara juga ikut menurun. Hal ini akan membuat kita ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa membuat tubuh hangat dengan cepat,” ungkap Kristin Herlocker dari Diabetes Center of America.

Semakin lama hujan, semakin sering kita merasa lapar

Jika ada orang yang berkata bahwa mereka sering merasa lapar jika hujan berlangsung dengan cukup lama, hal ini ternyata tidak mengada-ngada.

Dilansir Doktersehat, suhu udara yang mendingin dalam waktu yang lama akan membuat tubuh berusaha untuk terus menjaga suhu internalnya. Salah satunya adalah dengan terus meminta asupan makanan tinggi kalori atau karbohidrat.

Masalahnya adalah jika kita menuruti keinginan untuk terus makan tersebut, hal ini tentu akan membuat kita makan dengan berlebihan sehingga risiko untuk mengalami kenaikan berat badan akan meningkat. Jika sampai hal ini terjadi, bisa jadi kita akan terkena obesitas atau diabetes

Tags
Loading...
Loading...