Kamis, 07 Maret 2019 08:00 WITA

Bau Badan Lewat, Ini Manfaat Menakjubkan Baking Soda

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Bau Badan Lewat, Ini Manfaat Menakjubkan Baking Soda
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Baking soda tidak hanya bermanfaat sebagai bahan pencampur makanan. Tidak banyak yang tahu, serbuk natrium bikarbonat itu ternyata juga bisa digunakan untuk mandi.

Baking soda yang mirip tepung terigu itu dikenal dengan soda bikarbonat. Bubuk putih ini adalah campuran natrium dan hidrogen karbonat, dan paling sering digunakan untuk membuat kue atau roti soda. 

Soda bikarbonat bersifat basa. Ketika dicampur dengan asam, seperti susu, soda menciptakan karbon dioksida. Ini menyebabkan campuran mengembang sebelum digantikan dengan udara. Oleh karena itu, bahan ini sangat cocok untuk membuat kue. 

Selain sebagai bahan pengembang kue, baking soda punya tiga manfaat lain yang menakjubkan sebagaimana dikutip dari Hello Magazine berikut ini:

1. Perawatan Tubuh

Baking soda bisa dipakai sebagai campuran pasta gigi karena efektif membersihkan dan memutihkan gigi secara alami. 

Tak hanya itu, serbuk ini bisa digunakan untuk deodoran alami atau untuk melakukan exofiliate dengan lembut ketika dicampur dengan air. 

Selain itu, mencampur secangkir baking soda dalam bak mandi dapat menangkal iritasi dan melembutkan kulit. Mencampur baking soda dengan air juga efektif untuk membantu meringankan gigitan serangga.

2. Membersihkan Tumah 

Baking soda bisa dipakai untuk membersihkan rumah, misalnya membersihkan lantai. Caranya, taburkan beberapa baking soda langsung ke permukaan yang akan dibersihkan. Setelah itu, kita bisa membersihkannya dengan lap basah. 

Loading...

Baking soda juga efektif membersihkan lemak dan kotoran. Oleh karena itu, bahan ini cocok untuk mengatasi piring kotor atau membersihkan oven dan microwave. Kabar baiknya lagi, kita bisa membuat pakaian lebih bersih, segar dan lembut dengan menggunakan campuran baking soda dan cuka.  

Cuka dapat membersihkan bahan kimia yang menempel di pakaian. Inilah yang membuat campuran kedua bahan ini dapat membuat deterjen bertahan lebih lama.

Baking soda juga bisa dipakai untuk membersihkan bau busuk di sekitar rumah. Kita bisa menyimpannya dalam kotak terbuka dan menaruhnya di bagian belakang kulkas untuk menetralisir bau makanan. 

Untuk menghilangkan bau sampah, taburkan baking soda di tempat sampah. Bahkan, baking soda juga bisa menyegarkan aroma ruangan. Kita hanya perlu menaburkannya di atas karpet dan membiarkannya semalaman. Setelah itu, kita bisa menyapu atau menyedot sisa kotoran keesokan paginya. 

4. Membersihkan sayur dan buah 

Baking soda juga bisa dipakai untuk membersihkan buah dan sayuran. Produk ini bisa dipakai untuk menghilangkan kotoran dan lapisan lilin yang mungkin kita temukan pada sayur dan buah yang kita beli dari supermarket. 

Caranya, campurkan air dan baking soda untuk membersihkan sayur dan buah. Sementara untuk mengatasi serangga yang mengganggu juga bisa menggunakan baking soda. Taburkan campuran baking soda dan garam saat kita melihat semut masuk agar tak mengotori rumah.

Menambahkan satu sendok teh baking soda dalam pot bunga juga bisa mempertahankan kesegaran bunga. Yah, baking soda bisa berperan sebagai makanan alami tumbuhan.
 

Loading...
Loading...