Rabu, 06 Maret 2019 16:13 WITA

Apakah Memakai Masker Efektif untuk Mencegah Penyebaran Flu?

Editor: Suriawati
Apakah Memakai Masker Efektif untuk Mencegah Penyebaran Flu?
INT

RAKYATKU.COM - Kita sering diberitahu untuk memakai masker ketika flu untuk mencegah penyebaran virus.

Lantas, apakah cara ini benar-benar efektif? Jika meninjau penelitian terbaru, motode pencegahan itu dianggap dapat membantu.

Pertama, sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam International Journal of Infectious Diseases menyimpulkan bahwa ketika digunakan dengan benar, masker sangat efektif dalam mencegah penyebaran infeksi virus.

Anggota keluarga yang menggunakan masker dengan benar 80 persen lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis menderita penyakit itu.

Studi lain yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine melaporkan hasil yang sama. Peneliti mengamati 400 orang yang menderita flu.

Mereka menemukan bahwa anggota keluarga mengurangi risiko terkena flu hingga 70 persen ketika mereka sering mencuci tangan dan mengenakan masker bedah.

Loading...

Studi lain menemukan hasil yang menjanjikan di luar rumah. Misalnya, satu studi dilakukan oleh tim peneliti dari University of Michigan pada lebih dari 1.000 siswa yang tinggal di asrama.

Mereka membagi beberapa siswa ke dalam kelompok, yaitu memakai masker, memakai masker dan menjaga kebersihan tangan, dan tidak melakukannya.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang mengenakan masker dan rutin cuci tangan, dapat mengurangi risiko penyakit flu hingga 75 persen.

Namun, penelitian ini tidak menemukan pengurangan gejala untuk penggunaan masker saja.

Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan masker harus selalu dipasangkan dengan mencuci tangan secara teratur.

Loading...
Loading...