Selasa, 05 Maret 2019 16:51 WITA

7 Pengobatan Sederhana Untuk Mengobati Gusi Bengkak

Editor: Suriawati
7 Pengobatan Sederhana Untuk Mengobati Gusi Bengkak
INT

RAKYATKU.COM - Gusi bengkak merupakan hal yang sangat menyiksa. Ini bisa membuat Anda sulit untuk makan, bahkan berbicara.

Untungnya, Anda dapat mengatasi penyakit ini dengan bahan bahan alami, yang mudah ditemukan di rumah. Namun sebelumnya, mari kita pertama-tama memahami penyebab pembengkakan dan apa saja gejalanya.

Penyebab gusi bengkak
Gusi bengkak biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti plak dan karang gigi di mulut, infeksi virus atau jamur, iritasi karena perlengkapan gigi, kehamilan, dan sensitivitas terhadap produk atau makanan.

Gejala gusi bengkak

  • Beberapa gejala umum yang menandakan kondisi ini termasuk:
  • Pendarahan gusi
  • Gusi merah dan bengkak
  • Rasa sakit
  • Bau mulut

Cara mengatasi
Anda dapat menyingkirkan gusi bengkak dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah, termasuk air garam, minyak cengkeh, jahe, perasan lemon, gel lidah buaya, kunyit, dan cuka apel.

1. Air garam
Caranya, campurkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah dengan itu. Lakukan pada pagi dan malam hari, juga setelah makan.

Air garam akan menetralkan pH mulut dan menenangkan gusi yang meradang. Ini juga membantu meringankan pembengkakan berkat sifat anti inflamasinya.

2. Minyak cengkeh
Caranya, oleskan 2-3 tetes minyak cengkeh pada gusi yang bengkak dan pijat dengan sangat lembut. Biarkan tetap di sana, dan jangan dibilas.

Jika tidak punya minyak cengkeh, Anda juga bisa mengunyah cengkeh untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Minyak cengkeh adalah obat kuno yang sering digunakan untuk mengobati gusi bengkak, karena memiliki sifat anti mikroba. Ini juga merupakan analgesik dan akan meredakan rasa sakit yang mungkin Anda alami di gusi Anda.

3. Jahe
Caranya, hancurkan sepotong jahe dan tambahkan sedikit garam. Oleskan pasta itu pada gusi yang bengkak dan biarkan selama 10-12 menit. Terakhir, bilas mulut Anda dengan air biasa. Lakukan ini 2-3 kali dalam sehari!

Loading...

Jahe memiliki sifat anti inflamasi dan mengandung antioksidan yang akan mengurangi pembengkakan pada gusi

4. Perasan lemon
Caranya, campur 1 sendok perasan lemon dengan 1 gelas air dan gunakan untuk berkumur.

Lemon mengandung senyawa anti mikroba yang dapat menghilangkan penyebab infeksi dan pembengkakan yang terjadi di gusi Anda. Ini juga menyeimbangkan pH di mulut Anda.

5. Lidah buaya
Caranya, ekstrak gel dari daun lidah buaya dan oleskan pada gusi yang bengkak. Biarkan selama mungkin, kemudian bilas mulut Anda.

Gel lidah buaya memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan antioksidan. Ini menyembuhkan pembengkakan membunuh bakteri di mulut.

6. Kunyit
Caranya, campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan garam, lalu oleskan pada gusi bengkak. Biarkan selama 10-12 menit, lalu bersihkan dengan air.

Kunyit adalah agen anti mikroba yang berguna dalam mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

7. Cuka apel
Campur 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air dan gunakan untuk berkumur. Lakukan 2-3 kali sehari.

Cuka apel mengandung asam yang dapat mengembalikan keseimbangan pH di mulut Anda, serta mengurangi infeksi dan pembengkakan di gusi.

Loading...
Loading...