Senin, 04 Maret 2019 16:44 WITA

5 Cara Terbaik Menyingkirkan Jerawat di Hidung

Editor: Suriawati
5 Cara Terbaik Menyingkirkan Jerawat di Hidung
INT

RAKYATKU.COM - Jerawat bisa tumbuh di mana saja di tubuh Anda, tak terkecuali hidung.

Jerawat dapat berkembang di dalam hidung Anda karena berbagai alasan. Salah satu penyebab paling umum adalah pori-pori kulit yang tersumbat.

Penyumbatan ini dapat terjadi sebagai akibat dari akumulasi sel kulit mati atau minyak.

Kebanyakan jerawat di dalam hidung akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, beberapa kasus membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Berikut beberapa solusi rumah yang bisa Anda coba untuk mempercepat penyembuhan jerawat membandel di dalam hidung Anda:

1. Kompres hangat
Cara melakukannya adalah dengan mencuci jerawat dengan air hangat. Anda dapat melakukan ini 2 hingga 3 kali sehari.

Motode ini akan meningkatkan sirkulasi dan membantu mengurangi peradangan.

2. Tea tree oil
Bahan:
4 tetes tea tree oil
1 sendok teh minyak kelapa

Caranya:
Campurkan empat tetes tea tree oil dengan satu sendok teh minyak kelapa. Oleskan campuran ini ke jerawat dan biarkan selama 20 hingga 30 menit. Terakhir, bilas dengan air! Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari.

Loading...

Tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan di hidung. Sifat antibakterinya juga dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

3. Minyak mimba
Caranya, tuang dua hingga tiga tetes minyak mimba di jari Anda, dan oleskan langsung ke jerawat. Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. Anda juga dapat menggunakannya pada malam hari dan membiarkannya semalaman.

Minyak mimba mengandung quercetin yang memberikan sifat anti mikroba, yang dapat membantu memerangi jerawat.

4. Minyak kelapa
Caranya, ambil beberapa tetes minyak kelapa dingin dan oleskan ke jerawat di dalam hidung Anda. Biarkan mengering sendiri.

Anda dapat melakukan ini 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil terbaik.

Minyak kelapa adalah agen anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang terkait dengan jerawat. Ini juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat melawan mikroba penyebab jerawat.

5. Lemon
Oleskan lemon segar ke jerawat. Jika Anda memiliki kulit sensitif, campur ekstrak lemon dengan jumlah air yang sama sebelum diaplikasikan. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas. Lakukan ini 1 hingga 2 kali sehari.

Sifat bakterisidal dari lemon membuat bakteri penyebab jerawat hilang di kulit Anda. Ini juga memiliki sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam hidung.

Tags
Loading...
Loading...