Senin, 04 Maret 2019 07:00 WITA

Lima Bahan Alami Ini Ampuh Bikin Wajah Tetap Awet Muda

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lima Bahan Alami Ini Ampuh Bikin Wajah Tetap Awet Muda
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kini banyak krim dan lotion yang mengklaim bisa menunda proses penuaan. Sebagian bahkan berani bilang bisa menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Namun, banyak produk kecantikan yang dibeli di pasaran yang mungkin mengandung bahan berbahaya.

Bahan-bahan seperti pewarna, parfum dan bahan kimia lainnya kemungkinan akan merusak kulit dalam jangka panjang.

Padahal, ada beberpa cara menunda penuaan yang mudah dan murah. Yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami agar kulit tetap terlihat muda, lembut dan kenyal.

Dilansir laman Dream, berikut lima bahan alami ini diklaim bisa menjadi agen anti penuaan yang bisa dicoba di rumah.

1. Santan

Air perasan kelapa ini mengandung vitamin C yang melembabkan sekaligus menjaga elastisitas dan fleksibilitas kulit.

Santan membantu mencegah keriput, kulit kendur dan bintik-bintik hitam yang merupakan tanda-tanda penuaan.

Cara menggunakannya: Hangatkan santan. Oleskan pada kulit yang telah dibersihkan dengan gerakan memutar. Cuci bersih setelah 30 menit.

2. Minyak Vitamin E

Jenis minyak ini dikenal bisa mendorong produksi kolagen. Selain itu, minyak vitamin E juga bisa mencegah efek radikal bebas yang merusak kulit.

Loading...

Radikal bebas sering menjadi penyebab utama munculnya keriput di wajah. Cara menggunakannya: Oleskan minyak vitamin E secara teratur di malam hari ke kulit yang sebelumnya telah dibersihkan.

3. Air Mawar

Air mawar dikenal karena sifatnya yang bisa mengencangkan kulit. Ketika ditambahkan ke masker wajah, air mawar memberikan manfaat luar biasa bagi kulit. 

Cara menggunakannya: Campurkan dengan masker wajah atau scrub wajah. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat.

4. Pepaya

Buah ini memiliki enzim yang disebut papain yang dapat melarutkan sel-sel mati pada permukaan kulit, dan membuat kulit lebih elastis dan kencang. Cara menggunakannya: Hancurkan beberapa potong pepaya dan oleskan pada wajah untuk membuatnya kenyal dan halus.

5. Dadih

Dadih atau yoghurt tradisional mengandung asam laktat yang mengelupas sel-sel kulit mati. Tidak itu saja, yoghurt bisa meremajakan tekstur kulit dari dalam.

Cara menggunakannya: kamu bisa menambahkan yoghurt ke masker wajah, kemudian oleskan ke kulit yang sudah dibersihkan sebelumnya. Karena dadih sedikit berminyak, kamu yang memiliki kulit wajah berminyak sebaiknya menghindarinya.
 

Loading...
Loading...