Minggu, 03 Maret 2019 10:07 WITA

5 Makanan Yang Paling Mungkin Menyebabkan Jerawat

Editor: Suriawati
5 Makanan Yang Paling Mungkin Menyebabkan Jerawat
INT

RAKYATKU.COM - Jerawat adalah kondisi kulit umum yang mempengaruhi hampir 10% dari populasi dunia. Banyak faktor yang berkontribusi pada perkembangan jerawat, termasuk produksi sebum dan keratin, bakteri penyebab jerawat, hormon, pori-pori yang tersumbat dan peradangan.

Hubungan antara diet dan jerawat telah menjadi kontroversial, tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan dapat memainkan peran penting dalam perkembangan jerawat.

Artikel ini akan mengulas 7 makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Berikut di antaranya:

1. Makanan karbohidrat olahan
Makan banyak karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Pada akhirnya itu dapat berkontribusi pada pengembangan jerawat.

Makanan yang kaya karbohidrat olahan meliputi:

  • Roti, kerupuk, sereal atau makanan penutup yang dibuat dengan tepung putih
  • Pasta yang terbuat dari tepung putih
  • Nasi putih dan mie beras
  • Soda dan minuman manis lainnya
  • Pemanis seperti gula tebu, dan madu.

2. Produk susu
Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara produk susu dan jerawat pada remaja.

Dua penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa muda yang secara teratur mengonsumsi susu atau es krim empat kali lebih mungkin menderita jerawat. Namun, studi yang dilakukan sejauh ini belum berkualitas tinggi.

3. Makanan cepat saji
Jerawat sangat terkait dengan makanan cepat saji gaya Barat yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan.

Loading...

Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake adalah makanan yang dapat meningkatkan risiko jerawat.

Satu studi terhadap lebih dari 5.000 remaja dan dewasa muda Cina menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko 43% untuk jerawat.

Sebuah studi terpisah terhadap 2.300 pria Turki menemukan bahwa sering makan burger atau sosis dikaitkan dengan peningkatan 24% risiko terkena jerawat.

Tidak jelas mengapa makan makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko mengembangkan jerawat, tetapi beberapa peneliti mengusulkan bahwa itu dapat mempengaruhi gen dan mengubah kadar hormon sehingga mendorong perkembangan jerawat.

4. Makanan kaya lemak omega-6
Diet yang mengandung sejumlah besar asam lemak omega-6 , seperti jagung dan minyak kedelai dikaitkan dengan peningkatan kadar peradangan dan jerawat.

Sebaliknya, suplemen dengan asam lemak omega-3 dapat mengurangi tingkat peradangan dan keparahan jerawat.

5. Cokelat
Cokelat telah dicurigai sebagai pemicu jerawat sejak tahun 1920-an. Makan cokelat diyakini dapat meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat.

Tags
Loading...
Loading...