Rabu, 27 Februari 2019 09:24 WITA

Posisi Tidur Ini Bisa Bantu Turunkan Potensi Alzheimer

Editor: Andi Chaerul Fadli
Posisi Tidur Ini Bisa Bantu Turunkan Potensi Alzheimer
FOTO: Getty Image

RAKYATKU.COM - Tidur sangat penting untuk kesehatan Anda. Semua orang perlu tidur yang cukup untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik, menurut NHS. 

Tanpa istirahat berkualitas yang cukup baik, itu bisa membuat Anda merasa pemarah dan mudah tersinggung, dan Anda mungkin tidak bekerja sebaik mungkin. 

Cara Anda tidur dapat memengaruhi kualitas istirahat Anda, dan memilih posisi tidur yang tepat sangat penting. Di samping itu, Anda dapat menurunkan peluang terkena penyakit Alzheimer, dikutip dari Express, Rabu (27/2/2019).

Posisi menyamping membantu Anda bernafas lebih baik saat tidur, yang bisa membuat tidur malam yang lebih baik, ungkap situs web medis University Health News.

Posisi tidur dapat membantu meringankan rasa sakit bagi mereka yang menderita sakit punggung bagian bawah. Tetapi, yang terpenting, ini juga dapat menurunkan peluang Anda untuk mengembangkan sejumlah kondisi neurologis, termasuk penyakit Alzheimer.

"Pada usia tujuh tahun, para peneliti Australia mengatakan kami telah menentukan posisi tidur terbaik kami," katanya.

“Semakin tua usia kita, semakin besar kemungkinan kita tidur tengkurap kita dibandingkan punggung."

"Posisi menyamping juga dapat membantu menghilangkan sisa otak dan mengurangi peluang Anda terkena Alzheimer, penyakit Parkinson, dan penyakit neurologis lainnya," kata para peneliti dari Stony Brook University.

"Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini [penelitian ini dilakukan pada tikus], temuan mereka sangat menjanjikan."

loading...

Kebanyakan orang akan mengubah posisi tidur mereka setidaknya 11 kali dalam satu malam, katanya. 

Tidur menindih perut Anda meningkatkan risiko sakit leher. Sebagai gantinya, temukan bantal busa memori yang bagus yang mendukung kelengkungan alami tulang belakang, tambahnya.

Meskipun posisi tidur Anda memiliki dampak besar pada seberapa baik Anda beristirahat di hari berikutnya, penting juga untuk memastikan Anda mendapatkan tidur berkualitas cukup baik.

Kebanyakan orang membutuhkan antara enam dan sembilan jam tidur setiap malam, tetapi setiap orang berbeda.

Sangat penting untuk menjaga jam tidur teratur, karena ini memprogram otak dan jam tubuh internal untuk terbiasa dengan rutinitas yang ditetapkan, kata NHS.

Anda dapat  tertidur lebih cepat  dengan secara teratur tidur sebelum tidur, katanya. Itu bisa termasuk cara apa pun untuk merilekskan tubuh.

Beberapa orang menemukan mandi air hangat membantu mereka untuk beristirahat lebih baik, sementara yang lain lebih suka menulis daftar tugas untuk hari berikutnya.

Loading...
Loading...