Selasa, 26 Februari 2019 04:30 WITA

Waktu Makan Kurma yang Tepat Saat Hamil

Editor: Aswad Syam
Waktu Makan Kurma yang Tepat Saat Hamil
Kurma

RAKYATKU.COM - Sebenarnya kurma bisa dimakan kapan saja saat hamil. Trimester kapan pun cocok. Namun, harus ada pembatas, agar kurma tidak menimbulkan efek samping yang besar pada tubuh.

Pada trimester pertama wanita akan sering mengalami lemas dan kerap muntah. Kurma bisa dikonsumsi sebagai pemberi energi. Sayangnya kurma yang dikonsumsi ini harus disesuaikan jumlahnya. 

Pada wanita yang memiliki risiko diabetes tinggi, pembatasan harus dilakukan agar tidak terjadi diabetes gestasional.

Pada trimester kedua, kemungkinan wanita mengalami diabetes gestasional sangat tinggi. Oleh karena itu selalu lakukan konsultasi dengan dokter terkait boleh atau tidaknya makan kurma. Kalau boleh, batasi jumlahnya. Sebaliknya kalau dilarang, patuhi agar kehamilan tidak terjadi masalah.

Pada trimester ketiga inilah konsumsi kurma boleh dilakukan sedikit lebih banyak. Meski demikian tetap perhatikan kebutuhan yang sesuai.

Loading...

Kurma juga sudah terbukti mampu membantu wanita dalam hal persalinan. Dengan mengonsumsi kurma, wanita bisa melakukan persalinan alami dengan lebih lancar.

Karena fungsi kurma untuk persalinan sangat besar, beberapa praktisi menyarankan wanita makan buah ini pada trimester ketiga kehamilannya. Waktu persalinan bisa dipercepat sehingga wanita tidak akan terlalu menderita saat mengejan atau menunggu bukaan.

Dari ulasan di atas terlihat dengan jelas kalau kurma sangat bermanfaat untuk wanita hamil. Namun, untuk membantu kesuburan wanita masih belum terbukti secara ilmiah. 

Meski demikian tidak ada salahnya berusaha dibarengi dengan olahraga dan menjalani gaya hidup sehat.

Loading...
Loading...