Selasa, 26 Februari 2019 02:01 WITA

6 Cara Siasati Bau Mulut Kalau Belum Sikat Gigi

Editor: Aswad Syam
6 Cara Siasati Bau Mulut Kalau Belum Sikat Gigi
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Mungkin Anda pernah mengalami kejadian. Lagi asyik mengobrol, tiba-tiba lawan bicaramu sedikit menjauhkan tubuhnya dari Anda? 

Hal itu bisa terjadi, karena salah satu penyebabnya bau mulut yang tak sedap. Biasanya, hawa napas yang seperti itu muncul lantaran kamu kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Padahal, kamu yang rajin menyikat gigi juga bisa mengalaminya, lho.

Jika terus dibiarkan, aroma mulut tidak sedap dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, Hipwee Tips menyiapkan cara-cara menyiasati bau mulut, yang bisa membuat orang-orang sekitar illfeel. Kamu akan tetap tampil percaya diri dan aktivitas berjalan lancar. 

1. Konsumsi buah dan sayur bisa membuat mulutmu seketika segar, meski tak sempat sikat gigi

Ketika siang hari dan kamu harus segera berpergian bertemu klien atau meeting bersama rekan kerja, buah dan sayur menjadi penyelamatmu. Hal ini karena mengonsumsi buah dan sayuran dapat mengurangi bau mulut tak sedap, lho. Misalnya sebelum bertemu rekan kerja, kamu bisa makan buah-buahan dahulu untuk menyegarkan hawa napas. Dengan begitu, aktivitas bakteri yang menempel di dalam mulut dapat terhambat. Buah-buahan yang baik dikonsumsi antara lain apel, jeruk, dan stroberi.

2. Makan permen mint rendah gula dapat mengurangi bau mulut tak sedap. Kamu nggak lagi panik saat mau mengobrol dengan orang lain

Pernahkah kamu bertanya mengapa tersedia permen mint di ruang rapat? Selain untuk menghilangkan rasa kantuk, permen mint rendah gula bisa menyegarkan napas selama beberapa saat. Dilansir dari Kompas, permen mint bermanfaat mengurangi bau mulut tak sedap karena bakteri di mulut mendapat makanan dari gula makanan yang dikonsumsi, lalu menghasilkan asam. Nah, asam ini bukan hanya merusak enamel gigi tapi dalam jangka pendek membuat bau napas menjadi masam. Oleh karena itu, permen mint sangat berguna dalam menyegarkan napas.

3. Perbanyak minum air mineral itu penting agar mulut tidak kering, sehingga bau mulut tak menjadi masalah

Loading...

Kondisi mulut yang kering dapat menimbulkan bau tak sedap karena bakteri di dalamnya bisa bertumbuh subur saat keadaan kering. Hal seperti itu biasanya kamu alami ketika baru bangun tidur, maka tidak salah memang kalau kamu harus segera banyak minum, minimal segelas air mineral. Untuk itu, kamu harus perbanyak konsumsi air mineral karena dapat menyingkirkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

4. Hindari merokok dan konsumsi alkohol. Kesehatan tubuh terjaga, hawa napas pun segar!

Selain bahan-bahan yang terkandung dalam rokok dan alkohol tidak baik bagi kesehatan, ternyata juga membuat hawa napas tak segar. Untuk itu, sebaiknya kamu kurangi konsumsi rokok dan alkohol, sehingga bau mulut tak sedap nggak akan kamu alami lagi. Bahkan, perokok pun tak hanya hawa napas saja yang tidak segar, tapi juga bau tubuhnya.

5. Tetap rutin menyikat gigi ya untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut

Satu hal pasti yang nggak boleh terlewat yaitu kamu harus tetap rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut seperti menyikat gigi. Ikuti cara menyikat dengan benar agak sisa-sisa makanan tak ada lagi pada sela-sela gigi. Karena sisa makanan yang masih menempel pada gigi akan membuat hawa napas tak segar. Jangan lupa rutin menyikat gigi ya!

6. Periksakan gigi ke dokter minimal setiap 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi

Tak ada salahnya kamu rutin periksakan gigi ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi terkini. Terutama kalau hawa napas tak sedapnya tidak hilang-hilang, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Siapa tahu kamu memang mengalami kerusakan gigi yang kronis dan membuat bau mulut tak sedap masih ada terus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka tak hanya bau mulut tak sedap berkurang, tapi juga kesehatan gigi terjaga.

Loading...
Loading...