Minggu, 24 Juli 2016 12:47 WITA

1 Jam Lebih di Dalam Mobil Bisa Picu Kegemukan

Editor: Andi Chaerul Fadli
1 Jam Lebih di Dalam Mobil Bisa Picu Kegemukan
ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Penelitian teranyar menunjukkan, mereka yang mengendarai mobil satu jam lebih dalam sehari memiliki berat badan 2,3 kilogram (Kg) lebih berat dibandingkan mereka yang menghabiskan waktu 15 menit saja di dalam mobil.

Ini adalah hasil penelitian dari Pusat Penelitian Kesehatan dan Penuaan Australian Catholic University (ACU). Professor Takemi Sugiyama meneliti kebiasaan mengemudi sekitar 2.800 orang di Australia, dan penemuan ini diterbitkan di jurnal Preventive Medicine.

"Kami melakukan penelitian untuk melihat dampak dari mengemudi terhadap berat badan, metabolisme jantung dan darah. Dari penelitian ini kami menyimpulkan mereka yang mengendarai lebih lama, misalnya satu jam atau lebih dalam sehari memiliki berat badan 2,3 kg dan lingkar pinggang 1,5 cm lebih lebar dibandingkan mereka yang mengendarai lebih jarang." kata Prof Sugiyama kepada Ning Pan dari ABC Australia Plus.

Dalam penelitiannya, pria lebih besar kemungkinannya mengalami kegemukan dibandingkan perempuan karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pengemudi.

loading...

"Tingkah laku selama mengemudi juga juga menyebabkan adanya perbedaan," ujarnya.

"Kami memperkirakan pria besar kemungkinan akan mengemudi dalam waktu yang lama tanpa henti, dalam perjalanan panjang sekaligus. Sementara wanita akan mengemudi lebih pendek, berhenti, istirahat, atau perjalanan lebih pendek."

Loading...
Loading...