Jumat, 22 Februari 2019 08:37 WITA

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Jantung Anda

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Jantung Anda
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - 'Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang', mungkin Anda sering mendengar atau melihat frasa tersebut. 

Ya, tertawalah selagi bisa, karena aktivitas tersebut terbukti dapat memberikan segudang manfaat sehat, termasuk untuk kesehatan jantung Anda.

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan hubungan yang kuat antara emosi dan kesehatan jantung. Penelitian tersebut menyebut bahwa permusuhan, kemarahan, depresi, kecemasan, dan isolasi sosial mengarah pada tingkat penyakit jantung yang lebih tinggi.

Di sisi lain, tertawa, perasaan bahagia, dan selera humor tinggi berhubungan dengan kesehatan jantung yang terjaga. Itu karena semua hal tersebut mampu memberikan efek positif sebagai berikut:

1. Peningkatan aliran darah

Para peneliti di University of Maryland Medical Center menemukan bahwa tertawa mampu meningkatkan aliran darah, dengan melebarkan lapisan dalam pembuluh darah yang disebut endotelium.

Tertawa juga menyebabkan pelepasan beta-endorfin dalam hipotalamus, yang mengarah pada pelepasan oksida nitrat. Perlu Anda tahu, oksida nitrat adalah bahan kimia yang melindungi jantung dengan mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak kolesterol.

Para peneliti mengatakan bahwa perubahan endotelium yang disebabkan oleh tertawa tampaknya mirip dengan manfaat latihan aerobik atau penggunaan obat penurun kolesterol seperti statin. Perbedaannya adalah bahwa tertawa dilakukan secara spontan sehingga mampu memberikan efek secara langsung.

Loading...

2. Mengurangi hormon stres

Tertawa juga terbukti memiliki efek menguntungkan pada aspek lain dari biokimia tubuh. Sebagai contoh, tertawa mengarah pada pengurangan hormon stres, termasuk kortisol dan epinefrin. Dengan demikian, tertawa mampu menjaga pembuluh darah tetap lebar sehingga aliran darah dan kinerja jantung tetap optimal.

3. Peningkatan antibodi

Tertawa meningkatkan jumlah sel penghasil antibodi. Ini mengarah pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dalam melawan infeksi.

"Manfaat tawa tidak dapat diabaikan. Tertawa mengarah pada pengurangan respons negatif tubuh terhadap stres, dan membuat pembuluh darah tubuh – termasuk jantung – untuk meningkatkan aliran darah sesuai kebutuhan," kata ahli jantung, dr. Benico Barzilai, dikutib Klikdokter, Jumat (22/2/2019).

Para peneliti memahami bahwa semua yang dapat dilakukan dengan tawa bisa meningkatkan kesehatan jantung. Ada beberapa pemikiran bahwa tertawa secara teratur bahkan dapat mengurangi risiko serangan jantung di kemudian hari.

 

Loading...
Loading...