Jumat, 22 Februari 2019 01:17 WITA

Waspada! Penyakit Menular Seksual yang Berasal dari Ciuman

Editor: Adil Patawai Anar
Waspada! Penyakit Menular Seksual yang Berasal dari Ciuman

RAKYATKU.COM - Penyakit menular seksual yang menyebar melalui ciuman tidak banyak. Ada tiga jenis penyakit yang bisa menularkan virus atau bakteri secara langsung dan tidak langsung.

Herpes
Herpes ada dua jenis pertama yang HSV-1 atau sering disebut dengan nama oral herpes da yang kedua HSV-2 atau herpes genital. Keduanya bisa masuk dengan mudah ke tubuh dan menyebabkan masalah kalau daya tahan tubuh anjlok. Virus ini mampu menular melalui aktivitas apa pun termasuk ciuman yang intens.

Herpes muncul dalam bentuk inflamasi di kulit dan muncul bisul kecil dalam jumlah banyak. Saat daya tahan anjlok, virus akan mulai aktif dan menyebabkan masalah seperti perasaan panas di sekitar kulit dan demam tinggi.

Cytomegalovirus
Selain ditularkan melalui ciuman, penyakit CMV ini juga bisa menular ke orang lain melalui urine, darah, cairan mani, dan air susu. Tanda penyakit kalau muncul pada tubuh adalah perasaan lelah, tenggorokan sakit, demam, dan sekujur tubuh terasa sakit dan tidak nyaman.

Loading...

Sifilis
Secara umum sifilis memang tidak secara langsung menyebabkan masalah pada tubuh kalau Anda dan pasangan berciuman. Penularan juga lebih banyak terjadi melalui aktivitas seks mulai dari anal, vaginal, dan oral. Sayangnya, sipilis juga bisa menular kalau ada luka di dalam mulut seseorang.

Kalau seseorang memiliki sifilis dan menyebabkan luka di dalam mulutnya, kemungkinan besar menular akan besar. Apalagi kalau seseorang melakukan ciuman dengan intensitas tinggi dan menggunakan lidah dan gigi.. Kalau terjadi luka penularan bisa cepat terjadi dan dalam beberapa hari sudah menyebar ke seluruh tubuh.

Tags
Loading...
Loading...