Rabu, 20 Februari 2019 16:02 WITA

Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Diabetes Tipe 2

Editor: Andi Chaerul Fadli
Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Diabetes Tipe 2

RAKYATKU.COM - Risiko diabetes tipe 2 dapat diturunkan dengan membuat beberapa perubahan pada latihan Anda untuk rencana diet. Anda bisa mengurangi kemungkinan gejala dan tanda-tanda gula darah tinggi dengan melakukan latihan cepat ini setelah makan besar.

Penyakit ini disebabkan oleh pankreas yang tidak cukup memproduksi hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Tanpa cukup hormon, tubuh berjuang untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang bisa digunakan. Anda bisa menurunkan risiko gejala gula darah tinggi dengan secara teratur berjalan cepat setelah makan.

Ini sangat bermanfaat bagi pasien diabetes untuk berjalan-jalan setelah makan sejumlah besar makanan, menurut ahli gizi di rumah aplikasi kesehatan Lifesum, Kajsa Ernestam.

Melakukan segala bentuk olahraga setelah makan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang selanjutnya menurunkan risiko gula darah tinggi. Ini juga bisa membantu tubuh menyerap gula, yang sangat penting bagi pasien diabetes.

"Jika Anda berisiko terkena diabetes tipe 2, Anda dapat, dengan perubahan gaya hidup, menangkal atau mencegah diabetes tipe 2," kata Ernestam, dikutip dari Express, Rabu (20/2/2019).

“Mengubah gaya hidup Anda dengan meningkatkan aktivitas fisik, mempertahankan berat badan yang sehat, makan makanan bergizi seimbang dan menghindari melewatkan makan. Aktivitas fisik meningkatkan sensitivitas insulin dan penyerapan glukosa yang tidak tergantung pada sel. Ini berarti bahwa dibutuhkan lebih sedikit insulin, oleh karena itu sangat bermanfaat untuk berjalan-jalan atau bergerak setelah makan."

Loading...

"Dengan menjadi aktif setelah makan, Anda dapat membantu tubuh menyerap energi [gula] ke sel, dan karenanya merupakan bagian penting dari perawatan non-medis dari diabetes tipe 2."

Jika Anda menderita diabetes, sangat penting bagi Anda untuk melakukan aktivitas rutin, bersama dengan minum obat, kata Ernestam. Bergantung pada usia dan tingkat kebugaran Anda, mulailah dengan olahraga ringan - seperti setengah jam berjalan atau berenang.

Aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan peluang Anda terkena diabetes sebanyak 40 persen, kata ahli gizi itu. Anda juga bisa menurunkan risiko gejala diabetes dengan makan makanan yang sehat dan seimbang.

Tidak ada makanan yang harus dihindari pasien diabetes secara aktif, tetapi penting untuk membatasi jumlah gula, lemak, dan garam dalam makanan mereka. Banyak orang mungkin menderita diabetes tanpa harus menyadarinya, karena gejalanya tidak membuat Anda merasa tidak sehat.

Gejala diabetes yang umum termasuk mengeluarkan lebih banyak urin daripada normal, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan merasa sangat lelah. Bicaralah dengan dokter jika Anda khawatir tentang gejala diabetes , atau jika Anda merasa berisiko.

Loading...
Loading...