Selasa, 19 Februari 2019 20:24 WITA

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Stres

Editor: Suriawati
Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Stres
INT

RAKYATKU.COM - Stres adalah situasi yang memicu respon biologis tertentu. Ketika Anda merasakan ancaman atau tantangan besar, bahan kimia dan hormon melonjak ke seluruh tubuh Anda.

Stres tidak selalu merupakan hal yang buruk. Itulah yang membantu nenek moyang pemburu kita bertahan hidup, dan itu sama pentingnya di dunia saat ini.

Ini bisa menjadi sehat ketika itu membantu Anda menghindari kecelakaan, memenuhi tenggat waktu yang ketat, atau menjaga kecerdasan Anda di tengah kekacauan.

Stres juga tidak selalu buruk. Hari pernikahan Anda, misalnya, dapat dianggap sebagai bentuk stres yang baik.

Tapi stres sebaiknya bersifat sementara. Setelah Anda melewati momen pertarungan atau pelarian, detak jantung dan pernapasan Anda akan melambat dan otot Anda harus rileks. 
Dalam waktu singkat, tubuh Anda harus kembali ke keadaan alami tanpa efek negatif yang bertahan lama.

Di sisi lain, stres yang parah, sering, atau berkepanjangan dapat berbahaya secara mental dan fisik.

Sayangnya, kita tidak mungkin untuk menghilangkan stres sepenuhnya. Tapi kita dapat belajar untuk menghindarinya jika memungkinkan dan mengelolanya.

Mendefinisikan stres
Stres adalah reaksi biologis normal terhadap situasi yang berpotensi berbahaya. Ketika Anda mengalami stres mendadak, otak Anda membanjiri tubuh Anda dengan bahan kimia dan hormon seperti adrenalin dan kortisol.

Itu membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan mengirimkan darah ke otot-otot dan organ-organ penting. Anda merasa bersemangat dan memiliki kesadaran tinggi sehingga Anda dapat fokus pada kebutuhan mendesak Anda. Ini adalah berbagai tahapan stres dan cara orang beradaptasi.

Hormon stres
Ketika Anda merasakan bahaya, hipotalamus di dasar otak Anda bereaksi. Ini mengirimkan sinyal saraf dan hormon ke kelenjar adrenalin Anda, yang melepaskan banyak hormon.

Hormon-hormon ini adalah cara alami untuk mempersiapkan Anda menghadapi bahaya dan meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup.

Salah satu hormon ini adalah adrenalin. Anda mungkin juga mengetahuinya sebagai epinefrin, atau hormon pertarungan. 
Adrenalin berfungsi untuk meningkatkan detak jantung dan pernapasan, serta membuat otot lebih mudah menggunakan glukosa, merangsang keringat, dan menghambat produksi insulin.

Meskipun ini terdengar baik, tapi adrenalin dapat menyebabkan bahaya, seperti pembuluh darah yang rusak, tekanan darah tinggi atau hipertensi, risiko serangan jantung dan stroke lebih tinggi, sakit kepala, kegelisahan, insomnia, dan penambahan berat badan.

Meskipun adrenalin penting, itu bukan hormon stres utama. Yang itu adalah kortisol.

Stres dan kortisol
Sebagai hormon stres utama, kortisol memainkan peran penting dalam situasi stres. Di antara fungsinya adalah meningkatkan jumlah glukosa dalam aliran darah, 
membantu otak menggunakan glukosa lebih efektif, meningkatkan aksesibilitas zat yang membantu perbaikan jaringan, mengubah respons sistem kekebalan tubuh, meredam sistem reproduksi serta mempengaruhi bagian otak yang mengendalikan rasa takut, motivasi, dan suasana hati.

Semua ini membantu Anda menghadapi situasi stres tinggi dengan lebih efektif. Ini adalah proses normal dan penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Tapi jika kadar kortisol Anda tinggi terlalu lama, itu berdampak negatif pada kesehatan Anda. Itu dapat berkontribusi untuk penambahan berat badan, tekanan darah tinggi, masalah tidur
kekurangan energi, diabetes tipe 2, osteoporosis dan masalah ingatan. Itu juga bisa membuat sistem kekebalan yang melemah, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Loading...

Jenis stres
Ada beberapa jenis stres, termasuk stres akut, stres akut episodik, stres kronis.

Stres akut terjadi pada semua orang. Ini reaksi langsung tubuh terhadap situasi baru dan menantang. Ini adalah jenis stres yang mungkin Anda rasakan ketika Anda keluar dari kecelakaan mobil.

Stres akut
Stres akut juga bisa muncul dari sesuatu yang benar-benar Anda nikmati. Ini adalah perasaan yang agak menakutkan, namun mendebarkan, misalnya ketika berada di roller coaster.

Insiden stres akut ini biasanya tidak membahayakan Anda. Mereka bahkan mungkin baik untuk Anda. Karena setelah bahaya berlalu, sistem tubuh Anda akan kembali normal.

Stres akut berat adalah cerita yang berbeda. Jenis stres ini, seperti ketika Anda menghadapi situasi yang mengancam jiwa, dapat menyebabkan gangguan stres pascatrauma (PTSD) atau masalah kesehatan mental lainnya.

Stres akut episodik
Stres akut episodik adalah ketika Anda sering mengalami episode stres akut.

Ini mungkin terjadi jika Anda sering cemas dan khawatir tentang hal-hal yang Anda curigai mungkin terjadi. Anda mungkin merasa bahwa hidup Anda kacau dan Anda tampaknya beralih dari satu krisis ke krisis berikutnya.

Profesi tertentu, seperti penegak hukum atau petugas pemadam kebakaran, juga dapat meningkatkan stres.

Seperti halnya stres akut yang parah, stres akut episodik dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda.

Stres kronis
Ketika Anda memiliki tingkat stres tinggi untuk jangka waktu yang lama, Anda mengalami stres kronis. Stres jangka panjang seperti ini dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Ini dapat berkontribusi pada kegelisahan, penyakit kardiovaskular, depresi, tekanan darah tinggi dan sistem kekebalan yang melemah.

Stres kronis juga dapat menyebabkan penyakit yang sering seperti sakit kepala, sakit perut, dan kesulitan tidur.

Memperoleh wawasan tentang berbagai jenis stres dan cara mengenalinya dapat membantu.

Penyebab stres

  • Beberapa penyebab khas stres akut atau kronis termasuk:
  • Mengalami bencana
  • Hidup dengan penyakit kronis
  • Selamat dari kecelakaan atau penyakit yang mengancam jiwa
  • Menjadi korban kejahatan
  • Mengalami stres keluarga seperti, hubungan yang tidak langgeng, pernikahan yang tidak bahagia, atau perceraian.

Apa pun penyebabnya, efek stres pada tubuh bisa serius jika dibiarkan. Jelajahi penyebab stres pribadi, emosional, dan traumatis lainnya.

Tags
Loading...
Loading...