Selasa, 19 Februari 2019 11:30 WITA

Push Up 40 Kali Bisa Perbaiki Kondisi Jantung

Editor: Andi Chaerul Fadli
Push Up 40 Kali Bisa Perbaiki Kondisi Jantung

RAKYATKU.COM - Kemampuan untuk melakukan banyak push-up mungkin bukan hanya pertanda kekuatan. Tetapi juga kesehatan jantung yang baik, sebuah studi baru menunjukkan.

Studi ini menguji stamina petugas pemadam kebakaran pria paruh baya. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang bisa melakukan lebih dari 40 push-up berturut-turut memiliki risiko 96 persen lebih rendah didiagnosis dengan penyakit jantung atau mengalami masalah jantung lainnya selama periode 10 tahun, dibandingkan dengan pria yang bisa melakukan kurang dari 10 push up.

Namun, karena penelitian ini hanya melihat petugas pemadam kebakaran pria, yang memiliki pekerjaan yang sangat aktif, tidak jelas apakah temuan ini berlaku untuk rata-rata Joes.

Tetapi temuan ini menunjukkan bahwa "kapasitas push-up bisa menjadi metode yang mudah dan tanpa biaya untuk membantu menilai risiko penyakit kardiovaskular," kata ketua penulis studi Justin Yang, seorang penduduk kedokteran kerja di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan di Boston, dikutip dari Live Science, Selasa (19/2/2019).

Loading...

Dokter sendiri tahu bahwa kesehatan fisik dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Tetapi mungkin sulit bagi dokter untuk secara akurat menilai tingkat kebugaran seseorang selama kunjungan rutin. 

Dokter terkadang menggunakan "tes treadmill" untuk mengevaluasi tingkat kebugaran seseorang. Dalam evaluasi ini, orang berlari di treadmill hingga detak jantung mereka mencapai tingkat tertentu. Tetapi tes ini memakan waktu dan membutuhkan peralatan yang mahal, sehingga tidak dilakukan secara rutin.

Loading...
Loading...