Selasa, 19 Februari 2019 05:01 WITA

Tak Perlu Beli, Ini Cara Bikin Oralit di Rumah

Editor: Aswad Syam
Tak Perlu Beli, Ini Cara Bikin Oralit di Rumah
Ilustrasi oralit

RAKYATKU.COM – Ada kalanya kondisi tubuh mengalami diare. Diare membuat seseorang kehilangan banyak cairan tubuh. Minuman oralit dapat mengganti cairan tubuh yang telah hilang itu. Anda bisa membeli oralit yang sudah jadi atau membuatnya sendiri di rumah. Ketahuilah cara membuat oralit sendiri di rumah seperti dilansir dari doktersehat.

Apa itu oralit?
Oralit adalah minuman yang terbuat dari campuran gula, garam, dan air. Minuman oralit juga dikenal dengan istilah ORS atau Oral Rehydration Salts di dunia International. Manfaat oralit adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare.

Orang-orang yang sedang mengalami diare disarankan untuk minum oralit daripada hanya air putih biasa. Hal ini dikarenakan oralit tidak hanya mampu mengganti cairan tubuh saja melainkan juga bisa menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Cara membuat oralit rumahan yang praktis
Oralit atau biasa juga disebut larutan gula garam (LGG) merupakan cairan yang mengandung campuran garam elektrolit sehingga lebih ampuh mengganti cairan tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Cara membuat oralit rumahan itu tidak ribet kok, begini caranya:

1. Cuci tangan
Sebelum Anda membuat oralit atau ORS (Oral Rehydration Salts) maka cucilah terlebih dahulu tangan Anda. Sangat disarankan untuk mencuci tangan sesuai standar WHO. Hal ini bertujuan agar oralit yang dibuat terhindar dari kontaminasi kuman atau kotoran di tangan.

2. Masak air
Setelah tangan Anda bersih maka siapkanlah air sebanyak 1 gelas belimbing atau 200 cc air. Tuang 200 cc air ke dalam panci dan masak hingga hangat. Anda bisa juga memangkas proses memasak air dengan menyiapkan satu gelas air yang sudah hangat.

3. Campurkan garam elektrolit
Apabila telah tersedia satu gelas air hangat, tahap selanjutnya adalah mencampurkan gula dan garam ke dalam air hangat tersebut. Masukkan satu sendok teh (munjung) gula pasir lalu tambahkan 1/4 sendok teh garam.

Loading...

4. Larutkan
Gula dan garam yang telah ditambahkan ke dalam satu gelas air hangat harus dilarutkan agar merata. Aduk-aduklah gula dan garam di dalam air dengan menggunakan sendok. Pastikan tidak ada partikel gula ataupun garam yang masih terlihat.

Apabila gula dan garam sudah tidak ada maka itu pertanda keduanya sudah larut di dalam air hangat. Air tersebut pun sudah menjadi oralit atau larutan gula garam (LGG). Anda bisa langsung segera meminumnya atau memberikannya kepada keluarga yang sedang diare.

Cara membuat oralit sachet
Apabila Anda lebih memilih untuk membeli oralit sachetan maka Anda bisa menyimak beberapa cara untuk menyiapkannya hingga menjadi larutan gula garam. Cara membuat oralit sachetan yang sudah jadi cukup mudah.

Begini cara membuat larutan gula garam dari oralit sachetan:

Siapkan air hangat sebanyak satu gelas (200 cc)
Buka kemasan oralit sachet
Tuang bubuk oralit ke dalam air
Aduk merata hingga larut
Minum sesuai dengan dosis
Kapan oralit diberikan?
Oralit diminum atau diberikan pada orang yang sedang mengalami diare. Berikanlah oralit segera setelah Anda atau anak buang air. Apabila diare juga diiringi dengan muntah-muntah maka minumlah oralit 10 menit setelah muntah.

Minumlah oralit setiap buang air dan setiap kali muntah. Cairan yang keluar akibat buang air dan muntah akan cepat tergantikan dengan minum oralit. Oralit diminum hingga buang-buang air berhenti.

Loading...
Loading...