Minggu, 17 Februari 2019 09:46 WITA

5 Perubahan Kecil yang Dapat Membantu Anda Mengatasi Diabetes Tipe 2

Editor: Suriawati
5 Perubahan Kecil yang Dapat Membantu Anda Mengatasi Diabetes Tipe 2
INT

RAKYATKU.COM - Jika Anda menderita diabetes tipe 2, menjalani gaya hidup sehat dapat membantu Anda mengelola kadar gula darah dan menurunkan risiko komplikasi.

Mungkin sulit untuk merombak kebiasaan Anda sekaligus. Tapi, bahkan perubahan kecil pun bisa membuat perbedaan.

Berikut adalah lima langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk membantu mengelola kondisi dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

1. Perbanyak melangkah
Aktivitas fisik yang teratur penting untuk kesehatan mental dan fisik yang baik. Bersama dengan manfaat lain, olahraga dapat membantu Anda mengatur kadar gula darah.

Untuk memenuhi target kebugaran yang disarankan, coba jadwalkan beberapa latihan dalam rutinitas mingguan Anda. 
Ketika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga penuh, bahkan berjalan kaki singkat bisa membantu jantung, paru-paru, dan otot Anda bekerja.

2. Beristirahatlah dari duduk
Bahkan jika Anda berolahraga beberapa kali seminggu, duduk untuk waktu yang lama dapat memiliki efek negatif pada kesehatan Anda.

Jika tugas Anda sehari-hari mengharuskan Anda untuk duduk dalam waktu yang lama, usahakan untuk berdiri dan bergerak secara teratur.

Jika Anda membutuhkan pengingat, pertimbangkan untuk menggunakan penghitung waktu di ponsel atau komputer Anda untuk menjadwalkan istirahat singkat tapi sering.

Loading...

3. Kurangi porsi makan
Untuk mengatur kadar gula darah Anda, akan sangat membantu jika Anda mengontrol porsi makan Anda. Jangan makan berlebih, terutama ketika Anda makan di luar.

4. Atur pengingat pengobatan
Apakah Anda kesulitan mengingat untuk minum obat yang diresepkan? Pertimbangkan untuk mengatur pengingat bagi diri Anda dengan aplikasi smartphone.

Ada banyak aplikasi pengingat obat yang berbeda untuk dipilih. Setelah menginstal salah satu aplikasi ini di ponsel Anda, Anda dapat menggunakannya untuk menjadwalkan pengingat sesuai kebutuhan.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat menggunakan aplikasi yang sama untuk menjadwalkan pengingat untuk memeriksa gula darah Anda, membeli ulang resep obat Anda, atau mengunjungi dokter.

5. Periksa kaki Anda setiap hari
Seiring waktu, diabetes tipe 2 dapat menyebabkan perubahan pada kulit, saraf, dan pembuluh darah Anda. Ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk masalah kaki. 
Dibandingkan dengan populasi umum, orang dengan diabetes jauh lebih mungkin untuk diamputasi, menurut American Diabetes Association (ADA).

Untuk membantu melindungi kaki Anda, periksa secara teratur apakah ada kemerahan, pembengkakan, luka, dan lecet. Jika Anda mengalami kerusakan saraf akibat diabetes tipe 2, Anda mungkin tidak dapat merasakan cedera pada kaki Anda. Itu sebabnya penting untuk memeriksanya secara visual.

Loading...
Loading...