Selasa, 12 Februari 2019 20:08 WITA

Fakta Nutrisi dan Manfaat Tepung Tapioka

Editor: Suriawati
Fakta Nutrisi dan Manfaat Tepung Tapioka
INT

RAKYATKU.COM - Tepung tapioka adalah produk tepung yang terbuat dari umbi singkong.

Tapioka mengandung banyak karbohidrat. Jadi orang yang memiliki masalah dengan kadar gula harus menganggap tapioka sebagai makanan tidak sehat.

Namun, terlepas dari itu, tapioka juga memiliki manfaat positif, sebagai berikut:

1. Bebas kolesterol
Tapioka bebas kolesterol. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri Anda, yang dikenal sebagai aterosklerosis, yang bisa memicu serangan jantung, dan stroke.

2. Mengandung serat pangan
Secangkir sagu mutiara kering memiliki sekitar 1,5 gram serat makanan. Itu tidak banyak, tapi dapat membantu Anda memenuhi asupan serat harian yang disarankan yaitu 21 hingga 38 gram.

Serat menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula darah, dan mencegah sembelit.

3. Mudah dicerna
Tapioka dikenal mudah dicerna. Ini dapat direkomendasikan sebagai sumber kalori dan energi selama gangguan pencernaan.

4. Mendukung penambahan berat badan
Jika Anda perlu menambah berat badan dengan cepat, tapioka dapat membantu. Jika Anda makan beberapa mangkuk puding tapioka sehari, dan menambahkan tapioka ke makanan lain, Anda memiliki peluang yang baik untuk menambah banyak berat badan, tanpa menimbun lemak.

4. Sumber kalsium
Anda memiliki lebih banyak kalsium dalam tubuh Anda daripada mineral lainnya. Kalsium penting untuk tulang dan gigi yang kuat.

Loading...

Menurut National Osteoporosis Foundation, manusia kehilangan kalsium setiap hari melalui kulit, keringat, urin, dan kotoran.

Tubuh tidak dapat membuat kalsium untuk menggantikan yang hilang. Kalsium harus diperoleh melalui makanan yang Anda makan. Satu cangkir mutiara tapioka kering mengandung 30 miligram kalsium, sekitar 3 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

5. Rendah sodium
Kebanyakan orang makan terlalu banyak sodium, yang jika dikonsumsi berlebih, bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Tapioka mengandung natrium yang sangat sedikit. Satu cangkir mutiara tapioka hanya mengandung 2 mg.

6. Sumber folat
Folat adalah vitamin B yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membuat DNA dan untuk pembelahan sel. Folat juga penting bagi wanita hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Kekurangan folat juga dapat menyebabkan anemia.

Satu cangkir mutiara tapioka kering memiliki 6 mikrogram folat, sekitar 2 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

7. Sumber zat besi
Tapioka adalah sumber zat besi yang baik. Satu cangkir mutiara tapioka kering memberikan lebih dari 13 persen dari nilai yang direkomendasikan setiap hari.

Zat besi ditemukan dalam hemoglobin, protein yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh Anda. Jika Anda tidak mendapatkan cukup zat besi, Anda mungkin mengalami anemia. Kondisi ini dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti sesak napas, kelelahan, dan nyeri dada.

Loading...
Loading...