Rabu, 13 Februari 2019 06:30 WITA

Deretan Makanan yang Justru Bikin Makin Lapar

Editor: Nur Hidayat Said
Deretan Makanan yang Justru Bikin Makin Lapar
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat merasa lapar, Anda tentu akan mencari makanan agar perut segera terisi hingga kenyang. Namun, Anda sebaiknya berhati-hati saat mencari makanan untuk mengisi perut yang kosong. Ini karena ada beberapa jenis makanan yang hanya akan membuat Anda makin lapar.

Hal itu biasanya terkait dengan kandungan dan indeks kenyang pada makanan tersebut. Melansir WebMD, berikut adalah deretan makanan yang bisa membuat Anda makin lapar:

1. Croissant
Croissant memiliki sensasi sedikit renyah, bermentega, dan merupakan pasangan sempurna jika dihidangkan dengan kopi. Tapi, skor jenis makanan ini sangat rendah pada indeks kenyang. Di dalamnya pun tidak terdapat kandungan yang baik. Croissant justru penuh dengan lemak dan tepung putih. Hal itu memberi Anda lebih banyak kalori tanpa memberikan rasa kenyang.

2. Yoghurt rendah lemak
Semakin banyak mengunyah, Anda akan semakin terpuaskan. Namun, jika yang Anda “kunyah” adalah yoghurt rendah lemak, maka rasa perut yang kenyang tak akan dirasakan. Lebih dari itu, yoghurt rendah lemak juga kerap terbalut dengan pemanis buatan yang bisa meningkatkan kadar gula darah Anda.

3. Muffin
Pilih muffin untuk sarapan? Dalam hal gizi, kue yang disajikan di atas mangkuk kertas itu hanya terdiri dari tepung putih, gula, dan lemak yang dihaluskan. Alhasil, muffin tidak akan mampu membuat perut Anda puas, sehingga sangat tidak sesuai untuk dijadikan sebagai menu sarapan.

4. Nasi putih
Selain membuat Anda mudah lapar, nasi putih juga bisa membuat kadar gula darah melonjak tinggi, khususnya jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

"Beberapa penelitian menyatakan bahwa sepiring nasi putih yang dimakan secara teratur dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 11% pada kelompok yang diteliti. Nasi putih ternyata lebih berpotensi menyebabkan diabetes daripada minuman bersoda," ujar dr. Ellen Theodora.

5. Putih telur
Sering makan telur namun bagian putihnya saja? Sebaiknya hentikan kebiasaan ini dari sekarang. Faktanya, makan putih telur saja tidak akan membuat perut Anda puas.

Loading...

Lagi pula, bagian kuning telur tersusun dari asam amino yang digunakan tubuh untuk membentuk sel. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jumlah lemak jenuh dan kolesterol dalam satu telur utuh tidak akan berdampak buruk bagi Anda.

6. Serealia dengan pemanis buatan
Makanan dengan pemanis buatan?termasuk serealia?dapat memengaruhi kadar gula darah dan benar-benar membuat Anda lebih lapar. Ini bisa terjadi karena tubuh Anda mendapatkan rasa manis tanpa adanya pasokan kalori yang memadai.

7. Roti putih
Roti putih tidak memiliki serat atau nutrisi dari biji-bijian utuh, yang dapat membuat Anda merasa kenyang.

8. Kentang goreng
Kentang goreng, siapa yang tidak suka? Apalagi jika yang dijual oleh restoran cepat saji. Tapi pada kenyataannya, kentang goreng tidak bisa memuaskan rasa lapar Anda. Parahnya lagi, kentang goreng juga mengandung banyak lemak dan garam yang dapat meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, bahkan stroke.

9. Donat
Donat identik dengan gula dan kalori tinggi tanpa kandungan gizi yang berarti. Oleh karena itu, donat tidak akan mampu memuaskan rasa lapar Anda dengan sempurna.

Mana makanan tidak sehat di atas yang jadi favorit Anda? Mulai saat ini, sebaiknya segera ganti ke alternatif makanan yang lebih sehat dan benar-benar mampu memenuhi hasrat lapar yang tubuh Anda inginkan.

Sumber: KlikDokter.com

Loading...
Loading...