Minggu, 10 Februari 2019 18:37 WITA

Cara Menenangkan Bayi yang Menangis Sementara Tidur

Editor: Suriawati
Cara Menenangkan Bayi yang Menangis Sementara Tidur
INT

RAKYATKU.COM - Sebagai orang tua, kita pasti selalu siap merespon ketika bayi ketika menangis. Metode menenangkannya bisa bervariasi, termasuk menyusui, mengeluarkan suara yang menenangkan, atau memberikan gerakan lembut untuk menenangkan si kecil.

Tapi apa yang terjadi ketika bayi Anda tiba-tiba menjerit atau menangis dalam keadaan masih tidur? Bisakah bayi mengalami mimpi buruk?

Cara  menenangkan bayi yang menangis tidur
Respon alami orang tua mungkin akan membangunkan bayi dan memeluknya. Tapi, sebenarnya, langkah terbaik adalah menunggu dan melihat.

Bayi yang mengeluarkan suara saat tidur tidak selalu merupakan pertanda bahwa mereka siap untuk bangun. Bayi Anda mungkin rewel sebentar selama transisi ke tidur nyenyak.

Dalam hal ini, perhatikan suara tangisan mereka. Bayi yang menangis di malam hari karena popok basah, lapar, dingin, atau bahkan sakit tidak akan tertidur dalam satu atau dua menit. Tangisan itu akan meningkat dengan cepat, dan pada saat itulah Anda harus merespon.

Dalam kasus-kasus ini, lakukan apa yang perlu dilakukan, apakah itu memberi makan atau mengganti popok, tanpa stimulasi yang tidak perlu seperti lampu terang atau suara yang keras.

Loading...

Siklus tidur bayi
Siklus tidur bayi jauh lebih pendek dari orang dewasa, yaitu 50 hingga 60 menit. Itu berarti ada lebih banyak kesempatan bagi bayi Anda untuk membuat suara-suara, termasuk menangis, bahkan tanpa bangun.

Apakah bayi bisa mengalami mimpi buruk?
Beberapa orang tua khawatir bahwa bayi mereka menangis di malam hari berarti mereka mengalami mimpi buruk. Ini adalah topik tanpa jawaban yang jelas.

Belum ada penelitian yang mampu mengungkap pada usia berapa manusia mulai mengalami mimpi buruk.

Beberapa bayi mungkin mulai mengembangkan "teror malam hari" pada usia 18 bulan, tapi ada juga yang mengalami ketika lebih besar.

Kapan harus menghubungi dokter?
Mungkin ada alasan lain mengapa bayi Anda menangis saat tidur. Jika tampaknya memengaruhi rutinitas bayi di siang hari, berkonsultasilah dengan dokter. Mungkin saja sesuatu seperti tumbuh gigi atau kemungkinan penyakit adalah bagian dari masalahnya.

Loading...
Loading...