Senin, 11 Februari 2019 08:00 WITA

7 Makanan Ini Paling Baik untuk Sarapan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
7 Makanan Ini Paling Baik untuk Sarapan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sarapan atau makan pagi jadi amunisi penting tubuh di pagi hari sebelum beraktivitas.

Pakar kesehatan menyebut sarapan pagi tak hanya berpengaruh bagi energi tubuh saja. Berbagai nutrisi yang bisa didapatkan dari waktu makan ini juga akan berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh.

Dilansir laman Doktersehat, Senin (11/2/2019), berikut adalah beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk sarapan pagi.

1. Oatmeal

Dikenal luas sebagai makanan berserat tinggi yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan kolesterol, sebenarnya oatmeal cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

Bahkan, oatmeal juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang sedang menjalani program diet namun tidak ingin mengalami tubuh lemas akibat kekurangan sumber energi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan makanan sehat ini untuk membuat tubuh menjadi lebih bertenaga.

Pakar kesehatan menyebut oatmeal sebagai bahan makanan yang bisa menyehatkan saluran pencernaan, mengendalikan pola makan, membuat sirkulasi darah membaik, meningkatkan metabolisme, sekaligus membuat fungsi kognitif meningkat. Rutin mengonsumsinya saat sarapan juga akan membuat kesehatan organ kardiovaskular semakin meningkat.

2. Telur

Salah satu lauk yang paling sering dikonsumsi di pagi hari ini ternyata memang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sarapan.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan protein yang bisa membantu tubuh lebih berenergi dan kenyang dalam waktu yang lama. Kandungan vitamin B dan kolin di dalam telur akan membuat kinerja otak meningkat dan kandungan luteinnya juga akan menyehatkan mata.

3. Susu

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus yang menyebut susu sebaiknya dikonsumsi saat sarapan pagi, namun susu memang bisa menyediakan nutrisi seperti asam amino esensial dan sejumlah vitamin yang tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bertenaga sejak pagi hari. Kandungan lain di dalam minuman sehat ini adalah tryptophan yang bisa membuat otak menjadi lebih segar.

4. Pisang

Loading...

Pisang sering dijadikan buah yang dikonsumsi sebagai pengganti sarapan bagi mereka yang tidak sempat memasak atau makan pagi karena kesibukan.

Pakar kesehatan pun menyebut pisang sebagai buah yang bisa membuat perut kenyang sekaligus menyediakan energi karena adanya kandungan gula alami dan karbohidrat di dalamnya. Kandungannya juga bisa membuat sistem saraf berfungsi dengan lebih baik sekaligus meningkatkan suasana hati.

5. Cokelat

Pakar kesehatan menyebut camilan yang digemari banyak orang ini cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. Hanya saja, kita sebaiknya mengonsumsi cokelat berjenis dark yang bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

Kandungan di dalam cokelat hitam juga mampu membuat sistem saraf bekerja dengan lebih efektif sekaligus membuat otak lebih terlindungi dari berbagai stres oksidatif. Rutin mengonsumsinya juga bisa membuat jantung menjadi lebih sehat.

6. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang almond, dan lain-lain kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang bisa membantu tubuh lebih berenergi. Kandungan ini juga bisa membuat jantung menjadi lebih sehat.

Kacang-kacangan juga kaya akan kandungan vitamin B yang bisa menyehatkan saraf, meningkatkan fungsi kognitif otak, mencegah nyeri otot, sekaligus membuat kesehatan mental semakin membaik.

7. Greek yoghurt

Greek yoghurt tinggi kalsium yang tentu baik bagi kesehatan tulang. Selain itu, makanan ini juga kaya akan protein yang bisa membantu perut kenyang lebih lama.

 

Tags
Loading...
Loading...