Sabtu, 09 Februari 2019 15:19 WITA

Bibir Kering? Mungkin Anda Kelebihan Vitamin Ini

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bibir Kering? Mungkin Anda Kelebihan Vitamin Ini

RAKYATKU.COM - Bibir kering biasanya dapat diobati dengan lip balm dan dicegah dengan menutupi bibir dengan syal dan minum banyak air untuk menghindari dehidrasi. Tetapi dalam beberapa kasus, bibir kering bisa menjadi pertanda tubuh Anda mendapatkan terlalu banyak vitamin A. 

Ini disebut sebagai hypervitaminosis atau keracunan vitamin A. Kondisi ini mungkin akut atau kronis dan tergantung pada tingkat vitamin A yang dikonsumsi.

Vitamin A telah terbukti baik untuk sistem kekebalan dan kesehatan mata dan Anda harus bisa mendapatkan cukup vitamin dari makanan Anda. Tubuh menyimpan vitamin A apa pun yang tidak segera digunakan di hati.

“Anda harus mendapatkan cukup dari makanan kaya susu, telur, buah-buahan gelap, sayuran dan sayuran berwarna oranye dan kuning, dan produk tomat, jadi jangan mengonsumsi apa pun. Kebanyakan orang yang berusia di atas 18 tahun membutuhkan 900mcg untuk pria, 700mcg untuk wanita," ujar Dr Thornber, kepala tawaran medis di Now Patient, dikutip dari Express.co.uk, Sabtu (9/2/2019). 

"Jika Anda mengharapkan, ada baiknya berbicara dengan dokter Anda tentang apakah Anda memerlukan suplemen tambahan."

Mereka yang mendapatkan banyak vitamin A melalui diet tetapi juga mengonsumsi suplemen, mungkin mulai mengalami gejala hypervitaminosis A. 

“Itu juga bisa menyebabkan perubahan kulit, nyeri tulang dan tekanan pada otak. Jika kadar terakumulasi di hati dapat menyebabkan keracunan dan kerusakan pada hati. Tingkat racun yang berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat dipulihkan."

Memiliki vitamin A dalam jumlah besar juga dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Jadi jika Anda sedang hamil atau berpikir untuk memiliki bayi, jangan makan hati atau produk hati seperti pate.

Ada suplemen lain yang Anda harus berhati-hati untuk tidak overdosis karena dapat menyebabkan pendarahan otak yang mematikan.

Loading...
Loading...

Berita Terkait