Rabu, 06 Februari 2019 13:11 WITA

Atasi Asam Urat dengan Daun Sambiloto, Ini Resep Obat Herbalnya

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Andi Chaerul Fadli
Atasi Asam Urat dengan Daun Sambiloto, Ini Resep Obat Herbalnya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tanaman Sambiloto (Andrographis Paniculata L) atau dalam di Makassar dikenal dengan nama Daun Pai'-pai' memiliki khasiat sebagai anti radang dan dapat menurunkan asam urat.

Dosen Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI), Andi Amalia Dahlia memaparkan cara pengolahan daun pai'-pai untuk pengobatan Asam urat.

"Siapkan satu genggam daun Sambiloto, lalu bersihkan dengan air yang mengalir.  Selanjutnya tumbuk sampai halus dan tambahkan dengan setengah gelas air masak," jelasnya, Rabu (6/2/2019).

Langkah selanjutnya, kata dia, saring air Sambiloto yang telah masak tersebut, dinginkan sedikit lalu diminum. Lakukan cara ini sampai sembuh.

Loading...

"Asam urat ini paling banyak diderita oleh kaum pria. Bagi perempuan biasanya terjadi setelah menopause," tuturnya.  

Seperti diketahui, morfologi tanaman Sambiloto ini memiliki batang berpangkal bulat berwarna hijau, daunya kecil berbentuk lanset, pangkal rata, permukaan berwarna hijau tua, dan tepi daun tidak bergerigi.

Bunganya berwarna putih kekuningan dan bertangkai. Buahnya berbentuk jorong kecil,  bila tua akan pecah menjadi empat keping, berwarna putih atau ungu dan berbunga sepanjang tahun. Bijinya berbentuk gepeng.

Loading...
Loading...