Sabtu, 02 Februari 2019 14:05 WITA

Tak Sekadar Berisik, Ini Efek Buruk Mendengkur Bagi Diri Anda Sendiri

Editor: Suriawati
Tak Sekadar Berisik, Ini Efek Buruk Mendengkur Bagi Diri Anda Sendiri
INT

RAKYATKU.COM - Mendengkur ternyata tidak hanya mengganggu kenyamanan orang yang tidur di sebelah Anda.

Lebih jauh, itu bisa berdampak pada memori Anda. Penelitian di Australia menemukan bahwa kebiasaan mendengkur bisa membuat seseorang lebih sulit untuk mengingat kenangan masa lalu.

Mendengkur disebabkan sleep apnea, dan masalah tidur itu telah dikaitkan dengan ingatan yang lebih buruk dari tahun-tahun yang berlalu. 

Mereka yang mengalami masalah ini akan berjuang untuk mengingat detail spesifik, seperti nama rekan kerja atau nomor rumah dan jalan tempat mereka dulu tinggal.

Mengapa bisa demikian? Rupanya, setiap kali seseorang yang mengalami sleep apnea mendengkur, tenggorokannya menyumbat saluran napas mereka, yang juga memotong oksigen ke otak. 

Loading...

Para ahli percaya ini dapat menghancurkan materi abu-abu di bagian otak, yang bertugas mencatat ingatan.

"Studi kami menunjukkan sleep apnea dapat mengganggu kapasitas otak untuk menyandikan atau mengkonsolidasikan beberapa jenis kenangan hidup, yang membuat sulit bagi orang untuk mengingat detail dari masa lalu," kata Dr Melinda Jackson, yang memimpin penelitian dari RMIT University di Australia.

Dia menambahkan: "Pemindaian otak pada orang-orang yang mengalami sleep apnea menunjukkan mereka kehilangan materi abu-abu di otak."

"Langkah penting selanjutnya adalah menentukan apakah pengobatan sleep apnea dapat membantu mengatasi beberapa masalah memori ini atau bahkan mengembalikan memori yang telah hilang."

Tags
Loading...
Loading...