Sabtu, 02 Februari 2019 01:00 WITA

Untuk yang Belum Tahu, Ini Beda Gejala Flu dan Pilek Biasa

Editor: Nur Hidayat Said
Untuk yang Belum Tahu, Ini Beda Gejala Flu dan Pilek Biasa
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Flu adalah salah satu penyakit langganan yang muncul pada musim hujan seperti sekarang ini. Meski penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 pekan, tetap saja kehadirannya bisa sangat mengganggu aktivitas. 

Karena itu gejala flu tidak boleh diabaikan sama sekali, dan penting untuk mengenali perbedaan gejala flu dengan pilek (common cold/selesma).

"Baik flu dan pilek dapat mencakup gejala pernapasan atas, seperti hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk, serta demam. Akan tetapi, gejala flu cenderung datang dengan cepat dan lebih parah daripada pilek," kata Clifford Swap, MD, salah satu ahli kesehatan di Kaiser Permanente San Diego, Amerika Serikat.

Berikut perbedaan gejala flu dengan pilek, dilansir Reader's Digest:

Otot dan sendi terasa sakit
Anda mungkin akan merasakan nyeri ringan ketika mengalami pilek. Tapi bila terserang flu, nyeri otot dan sendi yang Anda rasakan akan terasa lebih sakit. Biasanya Anda akan merasakan nyeri itu di kepala, punggung, dan kaki. Bahkan Anda akan sulit bergerak karenanya.

Demam
Saat flu, Anda juga bisa mengalami demam. Biasanya demam yang terjadi di atas 37 derajat Celsius. Jangan kaget jika demamnya berlangsung beberapa hari. Meskipun tampak mengerikan, ingatlah bahwa demam adalah cara tubuh Anda melawan infeksi.

Loading...

Keringat dingin
Keringat dingin merupakan salah satu gejala umum flu. Biasanya Anda akan merasa kedinginan, tapi satu sisi tubuh Anda juga berkeringat.

Dilanda keletihan untuk waktu yang lama
Keletihan bisa menjadi pertanda dari flu. Perbedaannya dengan pilek adalah keletihan karena flu dapat berlangsung lebih lama, yakni selama beberapa minggu. Rasa letih yang dialami juga jauh lebih ekstrem, sehingga penderita flu tidur hampir sepanjang hari.

Masalah pada perut
Tidak semua jenis virus akan memicu masalah perut seperti muntah, diare, atau kram perut. Tapi kondisi-kondisi tersebut masih termasuk ke dalam tanda flu. Jika Anda bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar, kemungkinan besar itu bukan pilek biasa.

Sumber: KlikDokter

Tags
Loading...
Loading...