Minggu, 27 Januari 2019 23:22 WITA

5 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
5 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Mata adalah jendela dunia. Tanpanya, manusia tidak dapat melihat sekaligus menikmati indahnya dunia beserta isinya. Maka dari itu, menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting.

Untuk mengetahui sehat atau tidaknya mata, Anda dapat mencoba menghitung jumlah kedipan yang dilakukan selama jangka waktu tertentu.  Berdasarkan penjelasan dr. Fiona Amelia, pakar kesehatan menyebut bahwa mata yang sehat berkedip sebanyak 10–15 kali setiap menit.

“Kedipan yang normal berlangsung cepat, kurang lebih sepertiga detik atau 300–400 milidetik,” kata Amelia, dikutib Klikdokter, Minggu (27/1/2019).

Apakah mata Anda memiliki ciri seperti itu? Jika ya, maka Anda wajib berbahagia dan terus berupaya mempertahankan kondisinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda:

1. Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Sejumlah penelitian menemukan bahwa minyak ikan dapat menjadi solusi dari mata kering. Sebagai rekomendasi, Anda dapat mengonsumsi jenis ikan seperti tuna, salmon, kembung, sarden, dan teri.

2. Daging sapi

Daging sapi kaya akan zink. Zat tersebut sangat baik untuk kesehatan mata jangka panjang yang lebih baik. Ini karena zink dapat membantu menunda menurunnya kemampuan penglihatan, yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula.

3. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia. Lebih dari itu, kacang-kacangan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi sistem tubuh, karena mengandung antioksidan dan berbagai zat gizi penting lainnya.

Loading...

Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah kacang kenari, kacang brazil, kacang mete, kacang almond, dan kacang lentil.

4. Jeruk

Jeruk dan beberapa jenis buah asam lainnya kaya akan vitamin C. Vitamin tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal dampak buruk proses penuaan pada kesehatan mata.

“Vitamin C memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, termasuk salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan di sini bekerja dalam mencegah terjadinya katarak dan kerusakan mata akibat proses penuaan,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

5. Wortel

Wortel adalah makanan yang identik untuk meningkatkan kesehatan mata. Sayur berwarna oranye berbentuk kerucut ini kaya akan vitamin A dan beta karoten, yang bermanfaat untuk menjernihkan penglihatan mata Anda.

Selain itu, komponen protein dalam vitamin A bernama rhodopsin yang ada pada wortel juga mampu membantu retina menyerap cahaya, juga dapat mencegah dan menurunkan risiko terjadinya katarak.

 

Loading...
Loading...