Sabtu, 26 Januari 2019 14:50 WITA

Sering Mual Setiap Selesai Makan? Mungkin ini Penyebanya

Editor: Suriawati
Sering Mual Setiap Selesai Makan? Mungkin ini Penyebanya
INT

RAKYATKU.COM - Apakah Anda kerap merasa mual setelah makan? Perasaan ini bisa membuat perut tidak nyaman, dan seolah-olah ingin memuntahkan apa yangsudah ditelan.

Dilansir dari healthline.com, ada sejumlah kondisi yang dapat membuat Anda sakit perut setelah makan, mulai dari keracunan makanan hingga penyakit tertentu.

Mari kita melihat lebih dekat gejala dan penyebabnya:

Alergi makanan
Makanan tertentu, seperti kerang, kacang-kacangan, atau telur, dapat menipu sistem kekebalan tubuh Anda untuk mengidentifikasi mereka sebagai penjajah asing yang berbahaya.

Saat Anda mengonsumsi salah satu makanan pemicu ini, sistem kekebalan Anda meluncurkan serangkaian peristiwa yang mengarah pada pelepasan histamin dan bahan kimia lainnya.

Zat kimia ini menghasilkan gejala alergi, yang dapat berkisar dari gatal-gatal dan pembengkakan mulut, hingga mual.

Keracunan makanan
Makanan yang disimpan terlalu lama atau tidak didinginkan dengan baik akan menarik bakteri, virus, dan parasit yang dapat membuat Anda sakit.

Loading...

Gejala keracunan makanan seperti mual, muntah, dan diare, biasanya dimulai dalam beberapa jam setelah Anda makan makanan yang terkontaminasi.

Virus perut
Kondisi ini juga kadang-kadang dijuluki flu perut. Dalam hal ini ada buh yang menginfeksi usus dan memicu gejala gastrointestinal (GI) seperti mual, muntah, dan diare. 
Anda dapat tertular virus perut jika memakan makanan atau minum air yang telah terkontaminasi oleh virus.

Kehamilan
Salah satu tanda paling awal bahwa Anda hamil adalah perasaan tidak enak dan mual, yang sering dimulai selama bulan kedua kehamilan Anda. Perubahan kadar hormon memicu mual kehamilan.

Kecemasan dan stres
Stres tidak hanya mempengaruhi emosi Anda. Ini juga mempengaruhi kesehatan fisik Anda. Stres dapat membuat Anda kehilangan selera makan, atau merasa sakit setelah makan. Rasa mual seharusnya berhenti begitu Anda bisa mengendalikan stres.

Pengobatan kanker
Beberapa obat kemoterapi dapat menyebabkan mual sebagai efek samping. Mual biasanya akan hilang setelah Anda menyelesaikan perawatan.

Penyakit kantong empedu
Kantung empedu Anda adalah organ yang berada di sisi kanan atas perut Anda. Ini membantu tubuh Anda mencerna lemak. Batu empedu dan penyakit kandung empedu lainnya dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mencerna lemak. Akibatnya, Anda akan merasa sakit perut, terutama setelah Anda makan makanan berlemak.x 

Loading...
Loading...