Senin, 21 Januari 2019 08:00 WITA

10 Profesi Paling Sehat di Dunia, Karier Anda Termasuk?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
10 Profesi Paling Sehat di Dunia, Karier Anda Termasuk?

RAKYATKU.COM - Di dunia ini, ada beberapa profesi membawa dampak positif terhadap kesehatan baik secara langsung maupun tak langsung. Ini karena hampir semua waktu produktif habis di tempat kerja sehingga karakteristik dari aktivitas profesi sangat memengaruhi kesehatan.

Dilansir Doktersehat, Senin (21/1/2019), simak daftar pekerjaan paling sehat di bawah ini! Mungkin ini bisa membantu Anda untuk mengetahui apakah karier Anda termasuk profesi paling sehat atau tidak.

1. Atlit

Tidak bisa dibantah jika memiliki profesi sebagai atlit memiliki dampak positif terhadap kesehatan tubuh. Aktivitas atlit yang sangat padat dengan latihan dan olahraga membuat atlit bisa memiliki tubuh yang bugar.

Selain itu, atlit diharuskan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sangat bergizi. Ini bertujuan agar atlit memiliki fisik yang kuat dan siap ‘terjun’ di lapangan. Tak heran jika atlit masuk ke dalam pekerjaan paling sehat di dunia.

2. Instruktur Fitness

Meskipun tidak sekeras atlit, instruktur fitness juga memiliki aktivitas fisik yang menyehatkan. Pekerjaan instruktur fitness menuntut adanya latihan fisik cukup intens sehingga membuat tubuhnya bugar dan sehat.

Pastinya, asupan bergizi menjadi sebuah hal yang harus dipenuhi bagi para instruktur fitness. Instruktur fitness juga mencakup instruktur aerobik, instruktur zumba, dan instruktur jenis olah fisik lainnya di gym.

3. Penari

Apakah Anda seorang penari? Jika ya maka profesi Anda masuk daftar profesi paling sehat di dunia. Serupa dengan profesi sehat sebelumnya, karier penari menuntut adanya latihan dan gerak fisik secara intens.

Para penari baik penari tarian tradisional maupun modern dance harus bergerak setiap hari. Tak jarang para penari khususnya dengan genre jenis modern dance memiliki gerakan tarian yang cukup mengolah fisiknya sehingga menjadi bugar.

Selain membuat tubuh bugar, kebanyakan penari merasakan adanya kebahagiaan dan kecericaan saat mereka sedang menari. Hal ini membuat profesi sebagai penari juga menyehatkan tak hanya secara fisik tetapi juga secara psikis.

4. Florist

???????Florist adalah orang yang memiliki pekerjaan terkait dengan bunga. Ada beberapa jenis tipe florist. Florist di Indonesia bisa memiliki arti sebagai penanam bunga, penjual bunga, atau pemilik toko bunga.

Mengapa florist termasuk ke dalam pekerjaan paling sehat padahal tidak memiliki aktivitas fisik seberat atlit atau instruktur fitness? Florist adalah pekerjaan yang dikelilingi dengan bunga. Bunga yang ada di sekitar membuat florist memiliki rasa tenang, nyaman, dan menyenangkan sehingga berdampak terhadap kesehatannya.

5. Terapis

Profesi terapis cukup mirip dengan florist. Baik florist maupun terapis memiliki kesempatan untuk dekat dengan aromaterapi yang membuat tubuh rileks. Bedanya, terapi dikelilingi oleh aromaterapi yang bukan langsung dari bunga tetapi ekstrak atau olahan.

Menjadi seorang terapis khususnya terapi pijat membuat terapis tersebut pastinya paham dengan cara-cara merelaksasikan tubuh. Relaksasi tubuh bisa meningkatkan kesehatan karena otot-otot yang tegang menjadi kendur kembali.

Loading...

6. Ahli Gizi

Jenis-jenis pekerjaan yang termasuk ke dalam daftar profesi paling sehat memang tidak memiliki kesegaraman alasan. Ada profesi yang sehat karena aktivitas fisiknya, ada yang karena psikisnya, dan ada pula alasan lainnya.

Profesi ahli gizi adalah profesi yang menyehatkan karena ahli gizi memiliki pengetahuan tentang makanan dan minuman yang kaya akan zat gizi tertentu. Ahli gizi memiliki peluang yang lebih besar untuk menerapkan pola diet sehat.

7. Karyawan Start Up

Mungkin ini terdengar lucu, aneh, atau membingungkan bagi beberapa orang. Karyawan start up masa kini khususnya yang bergerak di bidang digital technologi seperti fintech, edtech, atau lainnya cenderung memiliki tubuh yang sehat. Kok bisa?

Biasanya, perusahaan-perusahaan rintisan masa kini lebih memahami kebutuhan karyawannya yang termasuk generasi milenial dan generasi Z. Perusahaan tersebut berusaha menyediakan sarana olahraga, asupan, games, dan fasilitas lainnya yang menyehatkan dan menyenangkan bagi karyawannya yang merupakan generasi kreatif.

Beberapa profesi di perusahaan start up juga tak sedikit yang mendapatkan bayaran tinggi. Beberapa profesi seperti programmer, software engineer, copywriter, dan lainnya mendapatkan bayaran yang tinggi sehingga bisa mendukung hidup sehat.

8. Dokter

Jika ahli gizi sehat dengan pola diet sehat maka dokter adalah profesi sehat yang lebih dikarenakan mereka memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit tertentu dengan tepat.

Beragam jenis dokter, seperti dokter gigi dan dokter spesialis tertentu memiliki pengetahuan yang mumpuni terkait kesehatan dan penyakit-penyakit. Ini membuat profesi dokter biasanya memiliki tubuh yang sehat.

9. Pelatih Atlit

Para atlit yang merupakan profesi paling sehat di dunia tak lepas dari peran seorang pelatih. Aktivitas fisik pelatih juga cukup intens karena ia juga harus memiliki fisik yang kuat sehingga bisa melatih.

Pekerjaan sebagai pelatih harus memberi contoh latihan fisik. Selain itu, para pelatih juga menjadi seorang guru yang harus memberi teladan terkait performa khususnya secara fisik. Inilah yang membuat profesi pelatih juga sebagai pekerjaan yang menyehatkan.

10. Koreografer

Kasus yang sama seperti pasangan atlit-pelatih, koreografer merupakan pasangan untuk para penari atau artis/ penyanyi yang butuh seorang koreografer. Seorang koreografer biasanya berasal dari seorang penari senior yang mampu menciptakan gerakan-gerakan menarik.

Aktivitas fisik koreografer bisa dibilang lebih berat dari seorang penari karena koreografer harus membuat gerakan-gerakan yang membuatnya harus sering mengulang gerakan tarinya hingga bisa menjadi tarian utuh yang diiringi lantunan musik tertentu.

-

Loading...
Loading...