Minggu, 20 Januari 2019 09:35 WITA

Mau Terbebas dari Godaan Junk Food? Endus Makanan itu Dua Menit!

Editor: Suriawati
Mau Terbebas dari Godaan Junk Food? Endus Makanan itu Dua Menit!
Getty Images

RAKYATKU.COM - Makan junk food telah dikaitkan dengan obesitas, dan ahli kesehatan telah menyarankan kita untuk menjauhi makanan seperti itu.

Tapi, bagaimana melakukannya? Rupanya, mengendus burger atau pizza selama dua menit dapat menghilangkan selera makan terhadap makanan itu.

Menurut penelitian baru, produsen pengharum ruangan dapat mengembangkan makanan beraroma untuk mengekang keinginan orang-orang untuk makan makanan berlemak dan manis, dalam upaya untuk mengalahkan epidemi obesitas.

Jadi mengapa mencium aroma makanan selama dua menit dapat membantu untuk melawan keinginan makan? Menurut peneliti, itu terjadi karena otak tidak selalu membedakan sumber kenikmatan indrawi.

Profesor Dipayan Biswas, penulis utama penelitian menjelaskan bahwa "Aroma sekitar dapat menjadi alat yang ampuh untuk menahan idam makanan."

"Faktanya, rangsangan sensorik halus seperti aroma bisa lebih efektif dalam mempengaruhi pilihan makanan anak-anak dan orang dewasa daripada kebijakan yang membatasi."

Loading...

Dalam penelitian tersebut, Prof Biswas dan rekannya mencoba berbagai aroma, seperti stroberi, apel, biskuit dan pizza.

Mereka yang mengendus pilihan yang tidak sehat selama kurang dari 30 detik lebih mungkin menginginkannya. Tetapi jika aroma itu bertahan lebih dari dua menit, mereka berhenti menginginkannya, dan sebaliknya mendambakan buah.

Eksperimen itu melibatkan remaja AS di kantin sekolah menengah dan supermarket, dan hasilnya didukung di laboratorium.

Temuan ini diterbitkan dalam Journal of Marketing Research.

Loading...
Loading...