Sabtu, 19 Januari 2019 13:14 WITA

Apa Itu Infeksi Salmonella, dan Bagaimana Mengobatinya?

Editor: Suriawati
Apa Itu Infeksi Salmonella, dan Bagaimana Mengobatinya?
INT

RAKYATKU.COM - Bakteri Salmonella adalah patogen yang ditemukan di saluran usus manusia dan hewan. Setiap tahun, itu mempengaruhi ribuan ternak dan jutaan manusia secara global.

Sebagian besar orang yang terpapar virus ini akan mengalami demam, diare, atau kram perut. Ini bisa disembuhkan dalam empat hingga tujuh hari, tanpa perawatan serius.

Namun, dalam kasus parah itu bisa menyebabkan infeksi sistemik, di mana Salmonella meningkat dari usus ke aliran darah. Pada tahap ini, pasien membutuhkan antibiotik atau rawat inap segera.

Penyebaran
Salmonella non-tipus masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak higienis dan dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

Salmonella berkembang biak secara intraseluler dan kemudian secara bertahap menyebar ke kelenjar getah bening dan bagian tubuh lainnya melalui sirkulasi darah.

Patogen dapat menyebabkan infeksi di hati, kantong empedu, tulang, limpa, dll.

Loading...

Faktor-faktor yang membuat seseorang sangat rentan terhadap salmonellosis adalah sebagai berikut:

  • Pembedahan lambung
  • Penyakit radang usus
  • Leukemia
  • Karsinoma
  • AIDS
  • Anemia

Penyebab
Salmonella non-tipus lebih sering ditemukan pada hewan seperti ayam, babi, kalkun, sapi, dll. Bakteri ini dapat bertahan hidup dalam daging atau produk hewani apa pun yang tidak dimasak dengan matang.

Perawatan/pengobatan
Perawatan umum termasuk memberikan obat-obatan untuk mengendalikan muntah, dan sakit perut. Dalam kasus parah, itu membutuhkan antibiotik dosis tinggi.

Pencegahan
Pada umumnya salmonella terdapat di peternakan unggas dan daging hewan. Menjaga kebersihan dapat secara signifikan mengurangi paparan manusia terhadap bakteri ini. Sebagai contoh, semua hewan dapat diberikan pemeriksaan kesehatan dan perawatan sebelum didistribusikan di seluruh peternakan.

Loading...
Loading...