Sabtu, 19 Januari 2019 11:57 WITA

Selain Nikmat, Es Krim Ternyata Memberi Banyak Manfaat

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Selain Nikmat, Es Krim Ternyata Memberi Banyak Manfaat

RAKYATKU.COM - Kenikmatan es krim sudah menjadi rahasia umum, sayangnya, beberapa orang justru menghidari mengonsumsi es krim karena khawatir dapat menambah bobot badan

Perlu diketahui, meskipun 10% kandungan es krim adalah lemak, bukan berarti semua lemak itu jahat. Lemak yang terkandung dalam es krim adalah lemak baik yang tidak menyebabkan obesitas. Jadi, mengonsumsi es krim dengan jumlah yang cukup tidak akan mengakibatkan gemuk.

Bahkan dari segi kalori, es krim hanya menyumbang sekitar 110 saja. Selain itu, banyak juga yang berpendapat jika mengonsumsi es krim bisa mengakibatkan flu disertai demam.

Pendapat seperti ini sebenarnya kurang tepat. Karena menurut para ahli kesehatan, munculnya penyakit tersebut lebih dikarenakan adanya infeksi bakteri dan virus yang berasal dari makanan, minuman, atau lingkungan sekitar.

Dan yang perlu diketahui adalah ternyata es krim memberikan cukup banyak manfaat bagi tubuh. Berikut diantaranya, yang di kutip dari Cekaja.com:

1. Mencukupi asupan vitamin
Bukan hanya enak, setiap porsi es krim faktanya mengandung banyak vitamin. Antara lain adalah vitamin A, D, K dan B12.

Semua vitamin tersebut memiliki peranan yang amat baik bagi tubuh manusia. Seperti vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin D yang dapat menyerap kalsium dan nutrisi yang disalurkan ke ginjal dan vitamin K untuk meningkatkan aliran darah.

2. Penambah Energi
Es krim memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Dari mulai karbohidrat, lemak, dan protein. Ketiganya tentu lah penting sebagai sumber energi guna menunjang aktivitas setiap orang yang mengonsumsinya.

Penelitian dari Tokyo Kyorin University juga menunjukan makan es krim saat sarapan bisa meningkatkan performa mental terutama pada anak-anak.

Loading...

3. Kaya akan kalsium
Susu merupakan bahan dasar pembuatan es krim. Apapun jenisnya, es krim pasti selalu mengandung susu yang notabene memberi banyak asupan kalsium.

Manfaatnya tentu amat baik untuk kekuatan dan kesehatan tulang. Kalsium yang ada pada es krim juga dapat melindungi gigi dan membangun gusi menjadi kuat, lho. Jadi bukan tulang saja yang mendapat manfaat besarnya.

4. Sebagai mood booster
Es krim ternyata dapat berperan sebagai mood booster karena mengandung Thrombonin. Thrombonin merupakan hormon kebahagiaan dan membantu dalam mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

Selain itu, es krim terbuat dari susu yang mengandung L-triptophane yang merupakan obat penenang alami dan membantu dalam merelaksasi sistem saraf. Bahkan dengan mengonsumsi ice cream, Anda akan terhindar dari gejala insomnia.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Walau sering dianggap sebagai penyebab flu, sebenarnya es krim dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap penyakit. Es krim berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena di dalam es krim terdapat kandungan laktoferin yang bermanfaat untuk menangkal berbagai serangan virus, seperti influenza, cytomegalovirus, atau HIV.

6. Lebih mengenyangkan
Makan es krim membuat gemuk? Pada kenyataannya, es krim memiliki indeks glikemik rendah. Menurut National Dairy Council,  berarti gula dalam es krim tersebut secara perlahan dilepaskan ke dalam darah.

Efeknya bagi yang mengonsumsi, otomatis mengenyangkan lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak berkeinginan untuk ngemil lagi setelah makan es krim.

Loading...
Loading...