Minggu, 13 Januari 2019 07:00 WITA

Berhenti Merokok? Konsumsi Vitamin Ini Agar Tubuh Pulih Lagi

Editor: Andi Chaerul Fadli
Berhenti Merokok? Konsumsi Vitamin Ini Agar Tubuh Pulih Lagi

RAKYATKU.COM - Merokok dikenal karena buruk bagi kesehatan dan memengaruhi cara bernapas, tingkat energi, kesuburan, bau, dan penampilan fisik.  Meski demikian, benda yang satu itu merupakan salah satu hal yang membuat banyak orang kecanduan.

Berhenti merokok bisa terbukti sulit, terutama jika sudah menjadi kebiasaan selama beberapa tahun dan berbagai metode bekerja untuk orang yang berbeda. Namun, mengonsumsi suplemen vitamin dapat membantu.

Vitamin E, vitamin C, vitamin B dan L-theanine semuanya dipengaruhi secara negatif oleh kebiasaan merokok, menurut Nature's Best.

Vitamin E
Vitamin ini secara luas dianggap sebagai bagian integral kesehatan jantung.

Merokok dianggap meningkatkan stres oksidatif pada tubuh, yang menunjukkan asupan antioksidan yang sangat dibutuhkan (termasuk yang dari vitamin E).

Satu studi mengklaim mengambil suplemen vitamin E sebagian dapat mengurangi stres yang disebabkan oleh merokok. Ada juga bukti bahwa merokok menghabiskan vitamin E.

Vitamin C
Banyak penelitian telah menemukan bahwa merokok mengurangi kadar vitamin C dalam tubuh. Tetapi seperti vitamin E, semakin banyak Anda merokok, semakin Anda membutuhkan efek antioksidan dari vitamin C, sarannya.

Ini menjelaskan mengapa banyak praktisi nutrisi merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C jika Anda seorang perokok.

Vitamin B
Seperti halnya vitamin C dan E, kadar vitamin B juga diperkirakan berkurang karena merokok.

Merokok juga diduga menguras kadar tubuh dari beberapa vitamin vitamin B, termasuk asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12.

Untuk mencegah kekurangan, mungkin bermanfaat untuk mengambil suplemen B kompleks berkualitas baik.