Minggu, 13 Januari 2019 06:30 WITA

2 Jenis Bakteri Baru Ditemukan, Selain Mematikan Juga Kebal Antibiotik

Editor: Andi Chaerul Fadli
2 Jenis Bakteri Baru Ditemukan, Selain Mematikan Juga Kebal Antibiotik

RAKYATKU.COM - Dua jenis bakteri baru yang kebal terhadap antibiotik telah ditemukan dalam darah pasien di Tiongkok.

Para ilmuwan menemukan dua pasien membawa spesies Enterobacteriaceae yang tidak dikenal. Bakteri ini tidak menanggapi penisilin atau kelompok antibiotik sefalosporin di laboratorium.

Enterobacteriaceae ada di usus dan biasanya tidak berbahaya. Namun mereka dapat menyebabkan meningitis jika mereka memasuki darah atau pneumonia jika mereka masuk ke paru-paru.  

Para ilmuwan khawatir munculnya spesies baru bakteri resisten antibiotik akan membuat infeksi mematikan lebih sulit untuk disembuhkan, dengan keterlambatan dalam perawatan sering menyebabkan sepsis, dikutip dari Daily Mail, Minggu (13/1/2019).

Para ilmuwan, dari Universitas Sichuan, Chengdu, dipimpin oleh Dr Wenjing Wu, dari pusat penyakit menular. 

Loading...

Studi ini dilakukan di tengah kekhawatiran yang semakin besar akan resistensi antibiotik - didorong oleh penggunaan obat-obatan yang tidak perlu - yang telah mengubah bakteri yang tidak berbahaya menjadi bakteri super.

Organisasi Kesehatan Dunia telah memperingatkan jika tidak ada yang dilakukan dunia menuju era 'pasca-antibiotik'. 

Di AS saja, sekitar 2 juta terinfeksi bakteri resisten antibiotik setiap tahun, yang mengakibatkan sedikitnya 23.000 kematian.

Pneumonia, tuberkulosis, gonore, dan salmonellosis adalah beberapa di antara semakin banyak infeksi yang semakin sulit diobati. 

Tags
Loading...
Loading...