Sabtu, 12 Januari 2019 09:37 WITA

Makanan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Ginjal

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Makanan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Ginjal

RAKYATKU.COM - Ginjal adalah organ yang memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh kita. Perannya bahkan sangat berat seperti menjaga keseimbangan cairan tubuh, menyaring berbagai macam zat, hingga membantu proses peluruhan limbah dan racun.

Tanpa adanya ginjal, bisa jadi kita akan terkena berbagai macam penyakit yang berpotensi mematikan. Masalahnya adalah kita terkadang mengonsumsi makanan atau minuman yang justru bisa menyebabkan kerusakan fungsi ginjal.

Makanan dan minuman yang bisa merusak ginjal

Pakar kesehatan menyebut pola makan, paparan lingkungan, dan konsumsi obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi kesehatan ginjal dengan signifikan. Karena alasan inilah kita harus mewaspadai beberapa makanan dan minuman yang berpotensi merusaknya.

Dilansir doktersehat, berikut adalah bebreapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak kita konsumsi dengan berlebihan demi menjaga ginjal tetap sehat.

1. Pemanis buatan

Pemanis buatan sering kita temui dalam minuman botolan dengan rasa yang manis, jajanan manis, dan makanan manis lainnya. Meskipun akan membuat kita menurunkan asupan gula asli yang juga tidak sehat jika dikonsumsi dengan berlebihan, tetap saja mengonsumsi pemanis buatan juga bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan ginjal. Karena alasan inilah kita harus membatasi konsumsinya.

2. Daging merah

Daging merah seperti daging kambing atau daging sapi memang sangat lezat untuk dikonsumsi. Apalagi dengan fakta bahwa daging-dagingan ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang menggoda selera. Di dalam daging merah juga kaya akan protein yang baik bagi kesehatan otot. Sayangnya, ginjal akan bekerja dengan lebih keras untuk memetabolisme daging sehingga akan lebih mudah mengalami kerusakan jika terlalu sering mengonsumsinya.

Jika kita juga mengonsumsi jeroan dari daging merah, maka kita juga akan mengonsumsi purin dalam jumlah yang tinggi. Masalahnya adalah purin akan dimetabolisme tubuh menjadi asam urat yang jika menumpuk di persendian akan menyebabkan penyakit asam urat. Selain itu, zat asam urat juga bisa menumpuk di ginjal dan memicu datangnya batu ginjal.

3. Garam

Garam memang bisa membuat rasa masakan menjadi lebih gurih. Sayangnya, mengonsumsi garam dengan berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Selain bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah, garam yang memiliki kandungan sodium ini juga bisa mengganggu keseimbangan cairan tubuh. Hal ini akan berimbas pada ginjal yang terus menahan air demi melarutkan garam dalam darah. Beban kinerja ginjal pun akan semakin meningkat sehingga akan lebih rentan mengalami kerusakan.

4. Kafein

Kafein bisa ditemukan dalam minuman seperti kopi, teh, minuman bersoda, atau makanan seperti cokelat. Jika dikonsumsi dengan berlebihan, kafein akan mempengaruhi kinerja ginjal dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh yang akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada organ ini.

5. Kacang

Meskipun termasuk dalam makanan sehat, mengonsumsi kacang dengan berlebihan juga bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan. Bagi mereka yang memiliki riwayat batu ginjal misalnya, sebaiknya menghindari konsumsi kacang dengan berlebihan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan oksalat, kandungan yang menjadi pemicu datangnya penyakit tersebut.

6. Avokad

Avokad dikenal luas sebagai buah yang baik bagi kesehatan, khususnya bagi mereka yang sedang menjalani program diet atau yang ingin menurunkan kadar kolesterol tinggi. Di dalamnya terdapat kandungan kalium yang tinggi sehingga bisa mempengaruhi cairan tubuh, elektrolit, dan kadar pH.

Hanya saja, bagi mereka yang sudah terkena penyakit ginjal, ada baiknya menghindari konsumsi avokad karena bisa saja memicu hyperkalemia, kondisi yang membuat kadar kalium di dalam darah melebihi batas normal. Kondisi ini bisa saja menyebabkan efek kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Tags