Sabtu, 12 Januari 2019 06:00 WITA

Hoaks Bisa Sebabkan Sakit Mag Loh

Editor: Nur Hidayat Said
Hoaks Bisa Sebabkan Sakit Mag Loh
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Berita hoaks yang kini makin sering muncul, yang dapat membuat masyarakat menjadi bingung, timbul rasa cemas, dan muncul rasa ketakutan. Pada orang yang memiliki sakit mag, rasa cemas yang berlebihan semacam itu akan memicu peningkatan asam lambung.

Faktanya, rasa cemas yang berlebihan dapat memicu masalah pencernaan. Begitupun sebaliknya, mag kronis yang tidak teratasi juga dapat membuat penderita merasa cemas berlebihan.

Saat seseorang mengalami kecemasan, lambung akan memproduksi asam lambung tiga kali lebih banyak daripada kondisi normal. Selain itu, tubuh akan menurunkan produksi hormon prostaglandin yang seharusnya berperan untuk melindungi lambung dari paparan asam lambung yang berlebihan.

Dalam hal ini, gaya hidup seseorang saat muncul rasa cemas juga berperan dalam meningkatkan asam lambung, misalnya menjadi sering merokok atau minum alkohol setelah mendengar berita hoaks yang menakutkan.

Bahkan ada penelitian yang mengaitkan keterlibatan senyawa kimia otak yang dinamakan cholecystokinin dengan gangguan cemas, panik dan peningkatan asam lambung, sehingga keluhan sakit mag dapat muncul jika cholecystokinin keluar bersamaan dengan rasa cemas dan panik.

Jika rasa cemas ini sering muncul pada Anda yang menderita penyakit mag, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan memiliki gangguan refluks asam lambung (GERD) yang dikaitkan dengan kecemasan, dengan gejala seperti:

Sensasi rasa terbakar di dada yang terkadang menjalar ke kerongkongan
Sensasi rasa asam atau pahit di mulut
Sulit menelan
Nyeri tenggorokan
Suara serak
Nyeri dada

Jika penyebab sakit mag Anda adalah kecemasan, maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menghilangkan rasa cemas tersebut. Namun, jika penyebabnya adalah berita hoaks yang membuat Anda stres, cobalah untuk mencari tahu kepada sumber yang terpercaya.

Yang perlu Anda ingat, sebaiknya jangan mudah percaya terhadap semua berita tanpa ada konfirmasi dari sumber resmi. Nah, untuk menghindari serangan mag datang terus-menerus, Anda perlu mengetahui kiat yang tepat untuk menanganinya.

Berita hoaks terkadang memang menambah beban pikiran. Itu karena pemberitaan yang disebarkan kerap dilebih-lebihkan dan menakut-nakuti. 

Tak jarang, bagi penderita mag, berita seperti ini bisa menimbulkan serangan mag. Agar terhindar dari hal tersebut, sebaiknya hindari membaca berita dari sumber yang tak jelas, dan lakukan kiat-kiat di atas untuk mencegah mag muncul saat Anda merasa cemas.

Sumber: KlikDokter