Kamis, 10 Januari 2019 17:14 WITA

Wanita ini Jadi Ibu Pertama yang Hamil Setelah Transplantasi Rahim Oleh Robot

Editor: Suriawati
Wanita ini Jadi Ibu Pertama yang Hamil Setelah Transplantasi Rahim Oleh Robot
University of Gothenburg

RAKYATKU.COM - Seorang wanita Swedia menjadi wanita pertama di dunia yang hamil setelah menjalani transplantasi rahim oleh robot.

Wanita itu (identitasnya tidak disebutkan) menjalani operasi di Swedia pada tahun 2017. Dan hanya butuh waktu setahun baginya untuk hamil. Dia akan melahirkan anaknya pada musim semi tahun ini.

Ketika melahirkan nanti, dia akan menjadi orang ke-14 yang berhasil memiliki bayi setelah transplantasi rahim. Tapi, dia menjadi orang pertama yang mendapatkan anugerah berkat operasi oleh robot.

Menurut laporan, lima wanita lain telah menjalani transplantasi rahim melalui operasi robot di University of Gothenburg. Namun, belum ada satu pun dari mereka yang hamil. 

Dokter mengatakan bahwa menggunakan robot untuk operasi memiliki "masa depan yang bagus" dan bisa meminimalisir kerusakan donor.

Dengan menggunakan robot, bedah dapat dilakukan melalui lima lubang selebar 1 cm di tubuh donor. Tidak seperti operasi oleh manusia yang membutuhkan lubang yang lebih besar.

Hal ini menyebabkan pasien kehilangan lebih sedikit darah dan menghabiskan lebih sedikit waktu di rumah sakit pasca operasi.

Delapan dari 14 bayi yang lahir setelah transplantasi rahim telah lahir di Swedia, dengan yang lainnya di AS, Brasil, Serbia dan India.