Minggu, 06 Januari 2019 23:41 WITA

Selain Wortel, 9 Makanan Ini Bisa Bikim Mata Sehat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Selain Wortel, 9 Makanan Ini Bisa Bikim Mata Sehat
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Selama ini untuk membuat mata lebih sehat, orang-orang kerap kali mengandalkan wortel saja. Wortel yang mengandung vitamin A dan beta karoten tinggi, sejak lama memang dipercaya dapat menjaga penglihatan tetap baik. Padahal, masih banyak sebenarnya sumber makanan lain yang bisa menjaga mata sehat Anda.

Namun, ada nutrisi lain yang baik pula untuk kesehatan mata Anda, selain vitamin A dan beta karoten. Studi terkait ‘penyakit mata karena usia’ (AREDS) yang diterbitkan pada 2001, menemukan bahwa nutrisi tertentu seperti zink, tembaga, vitamin C, dan vitamin E dapat mengurangi risiko penurunan kesehatan mata yang berkaitan dengan usiasebesar 25 persen 

Penelitian ini diperbarui pada 2013 untuk menguji berbagai versi formula asli. Variasi itu termasuk asam lemak omega-3, zeaxanthin, lutein, dan beta karoten. Studi ini menemukan bahwa kombinasi tertentu dapat bekerja lebih baik daripada yang lain.

Studi lebih lanjut juga setuju bahwa asam lemak omega-3 (termasuk DHA), tembaga, lutein, dan zeaxanthin sangat penting untuk kesehatan mata. Dilansir Klikdokter, selain wortel, makanan berikut ini baik untuk menjaga kesehatan mata Anda:

1. Ikan

Banyak ikan yang menjadi sumber asam lemak omega-3. Ikan berminyak adalah ikan yang memiliki minyak dalam usus dan jaringan tubuh mereka. Jadi mengonsumi jenis ikan ini menawarkan tingkat minyak ikan yang kaya omega-3. Ikan yang mengandung tingkat omega-3 paling menguntungkan antara lain tuna, salmon, forel, kembung, sarden, teri, dan ikan haring.

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa minyak ikan dapat membasahi mata yang kering. Ini termasuk mata kering karena terlalu banyak waktu menatap layar komputer.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3. Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia.

Kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata antara lain kacang kenari, kacang Brasil, dan kacang mete.

3. Biji-bijian

Sama seperti kacang-kacangan dan polong-polongan, biji-bijian juga tinggi omega-3 dan kaya akan vitamin E. Biji-bijian yang dapat Anda konsumsi antara lain biji chia, biji rami, dan biji hasis.

4. Buah jeruk

Loading...

Buah jeruk kaya akan vitamin C. Sama seperti vitamin E, vitamin C adalah antioksidan yang direkomendasikan oleh American Optometric Association (AOA) untuk melawan kerusakan mata yang berkaitan dengan usia.

5. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin. Selain itu, sayuran hijau merupakan sumber vitamin C yang ramah mata. Beberapa contoh sayuran hijau yang bisa Anda pilih seperti: bayam, kubis, sawi, dan kangkung.

6. Ubi jalar

Seperti halnya wortel, ubi kaya akan beta karoten. Ubi jalar juga merupakan sumber antioksidan vitamin E.

7. Daging sapi

Mungkin ini agak mengejutkan Anda. Akan tetapi, daging sapi kaya akan zink dan dikaitkan dengan kesehatan mata jangka panjang. Zink dapat membantu menunda hilangnya penglihatan yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula. Organ mata sendiri mengandung kadar zink yang tinggi, terutama di retina dan jaringan pembuluh darah yang mengelilingi retina.

8. Telur

Telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik. Kedua kandungan ini dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. Telur juga merupakan sumber zink, vitamin C dan E yang baik.

9. Air putih

Cairan yang penting bagi kehidupan juga vital bagi kesehatan mata. Minum banyak air dapat mencegah dehidrasi, yang dapat mengurangi gejala mata kering.

 

Loading...
Loading...