Minggu, 06 Januari 2019 17:04 WITA

Memiliki Anak Kedua Dapat Memperburuk Kesehatan Mental Orang Tua

Editor: Suriawati
Memiliki Anak Kedua Dapat Memperburuk Kesehatan Mental Orang Tua
INT

RAKYATKU.COM - Anak-anak adalah hadiah yang luar biasa, membawa sukacita, tawa, dan cinta. Tapi, penelitian di Australia menemukan bahwa memiliki anak kedua dapat memperburuk kesehatan mental orang tua.

Dalam studinya, peneliti mensurvei dan mengikuti sekitar 20.000 warga Australia, selama 16 tahun. Tujuannya adalah untuk melihat apa yang terjadi pada tekanan waktu dan kesehatan mental orang tua ketika anak pertama lahir, lalu anak kedua.

Rupanya, peneliti menemukan bahwa memiliki anak kedua dapat meningkatkan stres, dan itu dapat berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular, obesitas, dan penyakit utama lainnya. 

"Kelahiran anak pertama memperkenalkan orang dewasa ke peran baru, yaitu orang tua, yang datang dengan harapan tentang bagaimana mengalokasikan waktu untuk bekerja atau keluarga."

"Namun anak kedua (dan ketiga) tidak memperkenalkan peran baru ke dalam kehidupan orang tua, tapi justru meningkatkan tuntutan peran orang tua," kata peneliti.

"Meskipun kami berharap tekanan waktu orang tua akan berkurang dari waktu ke waktu.. kami menemukan bahwa tekanan waktu tetap ada."

Sumber: CNA