Minggu, 06 Januari 2019 13:43 WITA

5 Penyebab Utana Insomnia dan Cara Memeranginya

Editor: Suriawati
5 Penyebab Utana Insomnia dan Cara Memeranginya
INT

RAKYATKU.COM - Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat penderitanya sulit memejamkan mata. Ini tidak bisa disepelekan karena bisa mengganggu produktivitas seseorang di siang hari.

Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai kebiasaan buruk, seperti penggunaan smartphone, dan pilihan makanan.

Kabar baiknya, Anda dapat mengubah kebiasaan ini dan menikmati tidur yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Seperti dilansir dari Lifehack, berikut beberapa penyebab insomnia yang paling umum, dan cara mengatasinya.

1. Teknologi
Banyak dari kita senang menggunakan smartphone sebelum tidur. Padahal, sinar biru dari layar dapat menurunkan kemampuan otak untuk mengeluarkan melatonin, hormon pengatur tidur.

Jadi singkirkan teknologinya! Anda punya waktu seharian untuk menatapnya, dan Anda pasti bisa menyingkirkannya satu jam sebelum tidur!

Jika bisa, aktifkan mode pesawat ponsel Anda pada malam hari sehingga tidak ada yang bisa mengganggu Anda.

2. Stres
Masalah pekerjaan, keluarga, hubungan, dan kehidupan sosial bisa dengan mudah membuat Anda stres. Sebagai dampaknya, tubuh akan melepaskan kortisol, hormon yang dilepaskan saat stres yang bisa mengganggu kesehatan, termasuk kualitas tidur.

Jika Anda merasakan stres, luangkan sedikit waktu melakukan meditasi tetapi tanpa benar-benar bermeditasi. Caranya: jauhkan ponsel Anda, dan jangan bicara dengan siapa pun, selama beberapa menit. Biarkan pikiran Anda bersantai lalu ambil napas dalam-dalam, lalu lepaskan.

3. Pola tidur tidak teratur
Jam tidur yang tidak teratur juga bisa menyulitkan Anda tidur pada waktu-waktu tertentu.

Sebaliknya, jika Anda memiliki jam tidur yang teratur maka otak Anda memahami kebiasaan-kebiasaan itu, dan memudahkan Anda menutup mata sesuai jadwalnya.

4 Junk food dan kafein
Makanan berlemak, mengandung karbohidrat, junk food dan kafein bisa mengganggu tidur, dan membuat Anda berpeluang mengalami sleep apnea.

Sleep apnea adalah berhenti bernapas dalam waktu singkat saat tidur. Jika Anda sering terbangun dengan perasaan lelah, maka bisa jadi Anda mengalami kondisi ini.

Jadi, masih mau makan banyak junk food?

5 Tidak berolahraga
Olah raga membantu tubuh mengeluarkan banyak energi dalam waktu singkat. Ini juga bisa menghilangkan stres, yang memicu insomnia.

Cobalah untuk melakukan beberapa aktivitas fisik yang Anda sukai. Jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda bisa berolahraga dengan cara naik tangga di kantor dan memperbanyak berjalan kaki.