Kamis, 03 Januari 2019 15:51 WITA

Minum Jus Tomat Cegah Kelelahan Otot Setelah Olahraga

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Minum Jus Tomat Cegah Kelelahan Otot Setelah Olahraga

RAKYATKU.COM - Setelah melakukan olahraga, terkadang tubuh merasakan nyeri dan kelelahan otot. Sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Namun, nyeri dan kelelahan otot ini ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi jus tomat.

Dari Very Well Fit yang dikutip Klik Dokter, mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil penelitian klinis, menunjukkan bahwa minum jus tomat sebelum berolahraga dapat mengurangi rasa sakit dan kelelahan, dan berpotensi meningkatkan performa atlet.

Tomat dan jus tomat mengandung nutrisi super. Jenis sayuran ini diketahui kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan likopen.

“Makin merah warna tomat, makin pula kandungan likopen di dalamnya. Likopen diperlukan tubuh memerangi radikal bebas,” kata dr Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Loading...

“Warna merah tomat juga mencerminkan tingginya kandungan beta karoten. Keduanya memegang peranan kunci dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar likopen dan beta karoten yang rendah pada tubuh dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung di kemudian hari,” lanjutnya.

Likopen juga terbukti dapat meningkatkan performa atletik, sekaligus menaikkan kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Minum jus tomat sebelum berolahraga juga dikatakan dapat mengurangi kadar kimia berbahaya akibat dari stres oksidatif (kerusakan pembuluh darah dan organ tubuh akibat gerakan radikal bebas yang labil dan tak terkendali).

Anggap saja likopen sebagai “tim pembersih inflamasi” saat Anda berolahraga. Olahraga yang intensitasnya tinggi dapat meningkatkan level oksigen (stres oksidatif) dan bahan kimia lainnya yang berpotensi merusak jaringan otot, sel, bahkan DNA. Antioksidan- khususnya likopen - telah terbukti dapat mengurangi peradangan akibat reaksi kimia secara signifikan.

Loading...
Loading...