Kamis, 03 Januari 2019 15:00 WITA

Pasangan yang Paling Kuat Saat Bertengkar, Paling Berpotensi Sakit 

Editor: Suriawati
Pasangan yang Paling Kuat Saat Bertengkar, Paling Berpotensi Sakit 
INT

RAKYAKU.COM - Berpikirlah dua kali sebelum kehilangan kesabaran saat bertengkar dengan pasangan Anda! Karena menurut penelitian terbaru, pertengkaran suami-istri dapat melepaskan bakteri ke dalam darah dan berpotensi meningkatkan peradangan penyebab penyakit.

 "Kami berpikir bahwa tekanan pernikahan sehari-hari ini, setidaknya bagi sebagian orang, menyebabkan perubahan pada usus yang menyebabkan peradangan dan berpotensi menimbulkan penyakit," Kiecolt-Glaser, penulis utama penelitian.

Sebagai bagian dari penelitian ini, para peneliti merekrut 43 pasangan menikah yang sehat. Peneliti mensurvei hubungan mereka dan kemudian mendorong mereka untuk berdiskusi dan mencoba menyelesaikan konflik yang mungkin memicu pertikaian yang kuat.

Para peneliti meninggalkan pasangan sendiri, tapi merekam interaksi mereka selama 20 menit dan kemudian menyaksikan bagaimana mereka bertengkar.

Peneliti mengkategorikan perilaku perkelahian verbal dan non-verbal, dengan minat khusus pada permusuhan.

Loading...

Mereka juga membandingkan darah yang diambil sebelum bertengkar dengan darah yang diambil setelahnya.

Rupanya, peneliti menemukan bahwa pria dan wanita yang menunjukkan perilaku yang lebih bermusuhan selama bertikai memiliki tingkat lebih tinggi mengalami biomarker untuk usus bocor, dibandingkan yang lebih lunak.

Bukti kebocoran usus bahkan lebih besar pada peserta penelitian yang memiliki interaksi sangat bermusuhan dengan pasangan mereka dan riwayat depresi atau gangguan mood lainnya.

"Stres perkawinan adalah stres yang sangat kuat karena pasangan Anda biasanya merupakan pendukung utama Anda dan dalam perkawinan yang bermasalah pasangan Anda menjadi sumber utama stres Anda."

Loading...
Loading...