Kamis, 03 Januari 2019 07:30 WITA

Terong Belanda, Solusi Murah bagi Penderita Kanker dan Diabetes 

Editor: Abu Asyraf
Terong Belanda, Solusi Murah bagi Penderita Kanker dan Diabetes 
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Buah berbentuk lonjong dan hampir menyerupai telur ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah. Lalu, mengapa disebut terong belanda?

Ternyata buah yang juga dikenal dengan nama lain tamarillo ini pertama kali dikenalkan dan dibudidayakan oleh orang Belanda pada zaman penjajahan dulu. Itu sebabnya, orang lebih mengenalnya sebagai terong belanda.

Meski kulit luarnya terasa pahit, daging buah terong belanda mengandung banyak air dan beraroma segar. Berikut ini beberapa manfaat terong belanda untuk kesehatan seperti dikutip dari Hello Sehat:

1. Kaya Vitamin

Terong belanda kaya akan vitamin seperti vitamin C, E dan vitamin A. Selain itu, terong belanda mengandung antioksidan dan sumber vitamin B kompleks seperti niasin, tiamin, dan riboflavin. 

Nutrisi lain dalam terong belanda adalah karbohidrat, protein, lemak, kalsium, potassium dan sodium. Lalu, tidak luput juga dari kandungan mineral seperti fosfor, mangan, magnesium, tembaga, seng dan besi. Buah ini, diperkaya dengan banyak nutrisi sehingga bisa membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah terong belanda kaya akan vitamin B kompleks yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh guna mengubah makanan menjadi nutrisi yang penting bagi organ dan sel jaringan. Bagi Anda yang suka pingsan gara-gara kelelahan, buah terong belanda dipercaya bisa mengatasi masalah tersebut karena kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

3. Anti penuaan kulit

Kandungan vitamin C, A dan E pada daging buah terong belanda, dapat membantu kulit Anda yang sehat dan bercahaya. Selain itu, kehadiran fenol, antosianin dan flavonoid, bisa  mencegah stres oksidatif dan polusi dalam tubuh, hal ini juga bermanfaat untuk mengatasi anti-penuaan pada kulit.

Loading...

4. Mengendalikan diabetes

Jika Anda mengidap diabetes tipe 2, asam klorogenik pada terong belanda mampu membantu mengurangi kadar gula darah yang berlebih. Sedangkan kandungan zat antioksidan pada manfaat terong belanda, bisa mengurangi stres oksidatif pada organ hati dan pankreas.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kehadiran potassium dalam kandungan terong belanda, dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium tinggi pada jantung. Lalu, kandungan magnesiumnya, membantu menjaga kesehatan kardiovaskular tubuh. Sedangkan, serat dalam buah terong belanda juga mampu menyeimbangkan dan menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan mata

Terong belanda nyatanya juga baik untuk kesehatan mata. Ya, vitamin A dalam kandungan buah terong belanda mampu menjaga dan menghindari mata dari kerusakan mata. Caranya, Anda cukup rutin mengonsumsi 1 buah atau 50 gram terong belanda yang dihaluskan tiap hari tanpa gula, guna menjaga kesehatan penglihatan

7. Mencegah kanker

Nah, kandungan dan manfaat buah terong belanda yang terakhir ini, sangat penting untuk mencegah kanker dari dalam tubuh. Kandungan vitamin E, flavonoid dan antosianin dalam daging buah terong belanda dapat membantu menangkal radikal bebas polusi yang menyebabkan kanker. Hal ini juga dapat mencegah pembentukan kanker dalan jaringan sel tubuh dengan sifat anti-inflamasi dan dan anti-mikroba pada terong belanda.

Loading...
Loading...