Selasa, 01 Januari 2019 08:51 WITA

Agar Tetap Fit di Hari Pertama Tahun Baru, Konsumsi Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Agar Tetap Fit di Hari Pertama Tahun Baru, Konsumsi Ini

RAKYATKU.COM - Setelah menghabiskan tenaganya di malam pergantian tahun dengan berpesta bersama keluarga dan para kerabat, biasanya tubuh akan terasa lemas keesokan harinya.

Meski sulit dihindari, bukan berarti Anda tak bisa mengatasinya sama sekali. Sebab, dilansir dari Klikdokter, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa bikin tubuh fit di hari pertama Tahun Baru. 

1. Air Kelapa

Bila Anda ingin mengembalikan tenaga yang terkuras usai merayakan Tahun Baru, mungkin Anda butuh yang lebih dari air putih - tapi bukan minuman energi kemasan -  melainkan air kelapa. Menurut dr. Jessica Florencia, air kelapa ampuh untuk mengatasi dehidrasi dan kaya nutrisi.

Air kelapa kaya akan elektrolit dan potasium yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain itu, minuman alami ini akan terasa ringan di perut sehingga bisa meredakan rasa mual akibat mabuk alkohol.

2. Jus tomat

Untuk mengembalikan lagi “kesadaran” tubuh sehabis berpesta semalam suntuk, Anda bisa mengonsumsi jus tomat. Pasalnya, jus tomat dapat meningkatkan fungsi hati dan menghilangkan efek alkohol dalam tubuh.

Lebih dari itu, antioksidan dan vitamin yang terkandung dalam tomat mengembalikan energi tubuh dan menyegarkan tubuh Anda yang sempat loyo. Tapi sebisa mungkin, buatlah jus tomat sendiri, ya, bukan jus tomat kemasan yang sudah diberikan banyak gula supaya manfaatnya bisa lebih terasa.

3. Air lemon

Selain jus tomat, mungkin Anda butuh minuman kecut lainnya yang tak cuma menyegarkan, tapi juga menyehatkan, yaitu air lemon. Cara membuatnya pun sangat mudah. Tuang air dingin ke dalam botol minum Anda, lalu peras lemon agar sarinya tercampur bersama air, kemudian iris lemon lalu masukkan juga ke dalam botol minuman Anda. Air lemon juga banyak mengandung vitamin C sehingga cocok untuk melakukan detoksifikasi, terutama pada organ hati.

4. Teh hijau

Memulai hari dengan teh hijau juga dapat menyegarkan kembali tubuh Anda. Ini karena teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membarui sel-sel tubuh yang rusak dan menjaga fungsi organ tubuh dengan baik. Bila Anda merasa mual di pagi hari, Anda bisa mencampurkan secangkir teh hijau hangat dengan rosemary atau lavender untuk menenangkan perut.

5. Makanan pedas bercabai rawit

Makan makanan pedas yang mengandung cabai rawit dapat membuang racun-racun yang ada dalam tubuh Anda. Sebab, mengonsumsi makanan pedas dapat mengeluarkan keringat sekaligus melepaskan racun-racun penyebab lemasnya tubuh Anda.

Supaya hasilnya maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan pedas yang berkuah supaya efek segarnya lebih terasa. Tapi, jangan terlalu berlebihan, ya. Kalau terlalu banyak, Anda justru bisa sakit perut dan diare.

6. Air jahe

Bangun pagi dan badan terasa lemas dan perut terasa bergejolak akibat kelelahan semalam? Buatlah secangkir teh jahe untuk meredakan hal tersebut. Caranya gampang, parutan jahe atau potongan jahe yang sudah digeprek direbus selama 20 menit. Kalau sudah keluar sarinya, tuangkan ke dalam cangkir.Untuk memberikan rasa manis dan energi pada tubuh Anda, tuangkanlah madu secukupnya.