Senin, 31 Desember 2018 08:00 WITA

Terlihat Sepele, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Merusak Kulit

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Terlihat Sepele, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Merusak Kulit
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Keriput jadi bagian dari proses penuaan alami. Meski begitu, semua orang ingin tampil awet muda. Tiak heran jika banyak orang ingin menyamarkan atau meniadakan keriput sama sekali. 

Mereka pun rela mengeluarkan dana lebih untuk membeli produk perawatan kecantikan berharga mahal. Padahal cara itu tidak perlu lakukan. Kamu hanya perlu menghindari hal-hal yang mungkin biasa kamu lakukan selama ini.

Dilansir Dream, Senin (31/12/2018), berikut adalah lima kebiasaan buruk yang harus kamu hindari karena bisa merusak kecantikan dan kesehatan kulit.

1. Tidak Mencuci Muka Sebelum Tidur

'Dosa' pertama kamu terhadap kulit adalah langsung tidur tanpa mencuci muka dengan baik dan benar.

"Meski kamu tidak memakai makeup, kamu tetap harus mencuci muka setiap malam," kata Desmond Shipp, MD, seorang dokter kulit di The Ohio State University Wexner Medical Center.

"Kulit akan melalui fase perbaikan dan regenerasi selama malam hari. Debu, asap, dan produk perawatan kulit dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat semakin memburuk," tambah Dr Desmond.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur adalah kebiasaan jelek yang berakibat buruk pada kecantikan dan kesehatan kulit. Tidur malam kurang dari enam jam akan mengurangi jam kerja tubuh dalam memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Jika diteruskan, maka akan mempercepat munculnya keriput, sisik pada kulit, dan lingkaran mata di sekitar mata.

3. Tak Rutin Ganti Sarung Bantal

Loading...

Tidak mengganti sarung bantal secara berkala dapat membuat kulit mengalami hal-hal yang buruk, seperti tertular bakteri dan kulit terkelupas.

4. Terlalu Berlebihan Membersihkan Wajah

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga jika kamu terlalu berlebihan dalam membersihkan wajah.

"Sebagian besar pasien membersihkan kulit mereka secara berlebihan. Ini akan merusak penahan kelembaban dan mikrobioma yang merupakan lapisan pelindung alami kulit," kata Graceanne Svendsen, Facialist selebriti di Shafer Plastic Surgery & Laser Center di New York City.

"Ketika bakteri alami yang bermanfaat ikut dibersihkan, kita lebih rentan terhadap infeksi kulit, jerawat dan kulit yang tampak kering," tambahnya.

5. Terlalu Mengandalkan Krim untuk Mendapatkan Vitamin

Jika krim dengan vitamin C mudah diserap kulit, maka tidak demikian dengan vitamin B. "Kebanyakan vitamin B (seperti B12) hanya diserap di usus kecil. Jadi berapa pun vitamin yang terkandung dalam pelembap atau serum, itu tidak akan berguna mempercantik kulit," kata Manish Shah, MD, Ahli Bedah Plastik di Denver.

"Vitamin seperti niacin (vitamin B3) memiliki efek pada tekstur dan warna kulit, tetapi kulit tidak dapat menyerapnya. Jika Anda benar-benar ingin memanfaatkan kekuatan vitamin B untuk meningkatkan penampilan dan kecerahan kulit, konsumsi sayuran hijau seperti bayam, asparagus, kacang dan kacang polong," tambah Shah. (Ism)


 

Loading...
Loading...